07.09.2012 12:00:44 1131x dibaca.
Ketika Identitas Online Dikaitkan Dengan Konsep Diri
BERITA
Ternyata fenomena teknologi yang bersebut internet menggelitik juga untuk diteliti lebih mendalam. Dan, penelitian ini telah membawa seorang Lindia Sandra meraih gelar doktoral. Dengan disertasinya berjudul “Dinamika Psikologis inteaksi Konsep Diri dan Identitas Online”, Lindia Sandra telah menjadi doktor UGM ke-1.716.

Dunia maya yang sangat merajai sekarang ini adalah jejaring sosial, dimana anak-anak hingga dewasa mampu mengaksesnya dengan mudah. Hal inilah yang kemudian dilirik oleh peraih doktoral dengan predikat Cumlaude ini. Penelitian ini berhulu dari tujuan untuk memahami dinamika psikologis interaksi konsep diri dan identitas online pengguna internet di Indonesia. Ada tiga kelompok yang diangkat didalamnya yaitu anak-anak akhir, remaja dan dewasa awal. Pada kelompok perkembangan inilah jejaring sosial banyak diakses, jejaring sosial yang menjadi sorotan adalah facebook. Dengan adanya facebook inilah seseorang memiliki identitas lain yang disebut identitas online. Berangkat dari hal itulah penelitian ini menarik adanya keterkaitan atau interaksi antara konsep diri dan identitas online tersebut. Ternyata penggunaan Facebook berdampak meningkatkan harga diri dan kepuasan hidup, meningkatkan kemampuan interaksi dan komunikasi remaja di dunia nyata.

Diakhir disertasi ini dipaparkan kesimpulan yang diperas didalamnya. Kesimpulan yang dapat disarikan adalah mengenai interaksi konsep diri dan identitas online pengguna internet di Indonesia yang ternyata membentuk sebuah siklus. Dimana terdapat lima elemen yang berkaitan yaitu tujuan, aktivitas, unsur, hasil dan dampak interaksi. Tujuan dari kosep diri dan identitas online adalah upaya peningkatan kesejahteraan psikologis. Kemudian, aktivitas terbesar pada pengguna internet di Indonesia adalah social komunikasi. Selanjutnya pada unsur interaksi yang terdiri dari konsep diri, lingkungan serta teknologi ini tidak dapat dilepaskan dari unsur sosial yaitu lingkungan. Hasil yang didapat dari interaksi adalah identitas online yang dipilih, yang dilatarbelakangi motivasi manajemen impresi. Sedangkan dampak yang dirasakan individu akan menjadi feedback bagi konsep diri untuk melakukan evaluasi terus menerus dalam memilih identitas online yang lebih sesuai.

Disertasi ini telah diujikan pada  5 september 2012 bertempat di ruang audiovisual Fakultas Psikologi UGM, dengan tim penguji adalah Prof. Dr. Faturochman, MA, Prof. Dr. Th, Dicky Hastjarjo, Dr. Hasan Oetomo, MBA, M.Si., M. H, dan Dr Tina Afianti, M.Si serta Dr. Neila Ramdhani, M. Si, M. Ed.





© 2014 Pendidikan Doktor Psikologi Universitas Gadjah Mada http://doktor.psikologi.ugm.ac.id  IP 23.22.194.120 : 86 ms