24.11.2011 03:17:30 4301x dibaca.
Penerimaan Mahasiswa
PENDAFTARAN

MASA PENDAFTARAN & PENERIMAAN CALON MAHASISWA

Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahun dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran sebagai calon mahasiswa dapat dilakukan setiap waktu dengan mengajukan lamaran.
  2. Berkas lamaran harus sudah diterima oleh Pengelola Program paling lambat pada akhir bulan Juni untuk tahun akademik yang bersangkutan.

SYARAT-SYARAT PELAMAR

Calon mahasiswa Program Doktor Psikologi UGM adalah lulusan dari program studi  yang terakreditasi yang diakui kualitasnya oleh Fakultas Psikologi UGM dan yang memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:
1.    Persyaratan Akademik
a.    Lulusan program pendidikan S2 Psikologi

  1. Memiliki IPK minimal 3,25 termasuk tesis, atau
  2. Memiliki IPK minimal 3,00 termasuk tesis; ditambah 3 karya penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah atau 2 buku psikologi yang bermutu yang dinilai oleh Pengelola.

b.    Lulusan program pendidikan S2 non-Psikologi

  1. Memiliki IPK minimal 3,50 termasuk tesis; atau
  2. Memiliki IPK minimal 3,25 termasuk tesis; ditambah 3 karya penelitian ilmiah yang relevan dengan bidang ilmunya dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah atau 2 buku bermutu yang sesuai dengan bidang ilmunya yang dinilai oleh Pengelola.

c.    Lulusan program pendidikan S1 Psikologi

  1. Memiliki IPK minimal 3,75 yang pada waktu melamar telah lulus S1 tidak lebih dari 2 tahun; atau
  2. Memiliki IPK minimal 3,50 atau setingkat cum laude yang pada waktu melamar telah lulus S1 tidak lebih dari 2 tahun, telah memiliki paling tidak 5 karya penelitian ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah atau 3 buku psikologi bermutu (sebagai pengarang utama) atau 5 buku psikologi bermutu (sebagai pengarang pendamping) yang dinilai oleh Pengelola.

d.    Lulusan program pendidikan S1 non-Psikologi

  1. Memiliki IPK minimal 3,50; ditambah 5 karya penelitian ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah atau 3 buku bermutu sesuai bidang ilmunya (sebagai pengarang utama) atau 5 buku bermutu sesuai bidang ilmunya (sebagai pengarang pendamping) yang dinilai oleh Pengelola.

2.    Persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris
Memiliki skor TOEFL Internasional minimal 500; yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yang diakui oleh UGM, atau skor tes kemampuan Bahasa Inggris lainnya yang setara dengan TOEFL, kecuali bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri yang berbahasa pengantar Bahasa Inggris.

3.    Persyaratan Kemampuan Potensi Akademik
Memiliki skor Tes Potensi Akademik minimal 550; yang diterbitkan oleh OTO Bappenas atau TPA Puspendik-Litbang-DIKNAS atau TPA UGM, atau skor tes potensi akademik lainnya yang setara.

4.    Persyaratan Administratif
a.    Bukti pembayaran biaya pendaftaran sebagai pelamar.
b.    Salinan ijazah dan transkrip akademik yang telah disahkan.
c.    Bukti karya penelitian ilmiah atau buku (tidak termasuk skripsi dan tesis).
d.    Bukti pendidikan tambahan yang pernah diikuti (bila ada).
e.    Bukti keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah yang pernah diikuti (bila ada).
f.    Daftar riwayat hidup.
g.    Naskah rancangan usulan/proposal disertasi.
h.    Surat ijin belajar dari atasan bagi yang telah bekerja.
i.    Surat rekomendasi dari dua orang, mantan dosen pembimbing dan/atau mantan dosen.

5.    Persyaratan Kesehatan
Memiliki surat keterangan sehat fisik dari dokter.

6. Syarat khusus bagi calon pelamar dengan latar belakang S2 dan sederajat yang lulus pada tahun 2010 dan selanjutnya:

a) IPK S2 minimal 3,25 untuk skala 4 atau ekuivalensinya;

b) Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 550;

c) Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku berupa:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM dengan skor minimal 268 atau;
  • IELTS dengan skor minimal 5.5 atau;
  • TOEFL Internet-Based (IBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag dengan skor minimal 62 atau;
  • TOEFL Computer-Based Test (CBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag dengan skor minimal 180 atau;
  • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag dengan skor minimal 500;

 

7. Syarat khusus bagi calon pelamar dengan latar belakang S2 bukan dari UGM atau sederajat yang lulus sebelum tahun 2010:

a) IPK S2 minimal 3,25 untuk skala 4 atau ekuivalensinya;

b)  Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM yang masih berlaku;

c)       Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku berupa:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM atau;
  • IELTS atau;
  • TOEFL Internet-Based (IBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag atau;
  • TOEFL Computer-Based Test (CBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag atau;
  • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag.

d)  Syarat nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan nilai tes kemampuan Bahasa Inggris sebagaimana disebutkan pada poin (ii) dan (iii) wajib dipenuhi sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.


7. Syarat khusus bagi calon pelamar dengan latar belakang alumni S2 UGM yang lulus sebelum tahun 2010 dan lulusan S2 dari/atau bekerja di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (T3)/Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK):

a) IPK S2 minimal 3,00 untuk skala 4 atau ekuivalensinya;

b)  Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM yang masih berlaku;

c) Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku berupa:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM atau;
  • IELTS atau;
  • TOEFL Internet-Based (IBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag atau;
  • TOEFL Computer-Based Test (CBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag atau;
  • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag.

d) Syarat nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan nilai tes kemampuan Bahasa Inggris sebagaimana disebutkan pada poin (ii) dan (iii) wajib dipenuhi sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.

 


Prosedur Melamar


Pendaftaran sebagai calon mahasiswa Program Doktor Psikologi UGM dilakukan dengan:

1. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap secara online melalui website  http://um.ugm.ac.id/  kemudian mencetaknya rangkap 2 (dua).      

2.  Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi disertai berkas persyaratan kepada Administrasi Program Pascasarjana, Direktorat Administrasi Akademik  UGM,    Kantor Pusat UGM Lt I Sayap selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281.


Seleksi Penerimaan

Penerimaan mahasiswa diputuskan melalui proses seleksi yang dilakukan oleh suatu tim yang dibentuk khusus oleh Dekan atau oleh Pengelola Program. Dasar keputusan penerimaan adalah pertimbangan-pertimbangan berikut:

  1. Kelengkapan persyaratan-persyaratan akademik, administrasi, kesehatan, serta kemampuan Bahasa Inggris dan kemampuan potensi akademik.
  2. Hasil penilaian terhadap kelayakan rancangan proposal disertasi. Kelayakan rancangan proposal disertasi merupakan pertimbangan sangat penting untuk dapat diterima di Program Doktor Psikologi UGM.
  3. Hasil wawancara yang dilakukan untuk menguji kesiapan mengikuti studi.

Keputusan diterima atau tidaknya pelamar sebagai mahasiswa Program Doktor diberitahukan kepada pelamar selambat-lambatnya satu minggu sesudah pelaksanaan wawancara.

 

Pendaftaran dan Pendaftaran Ulang Mahasiswa

Pelamar yang dinyatakan diterima harus mendaftarkan diri sebagai peserta/mahasiswa  Program Doktor di Direktorat Administrasi Akademik (DAA) UGM dengan mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, paling lambat pada akhir bulan Agustus.

Pada setiap akhir semester mahasiswa harus melakukan pendaftaran ulang (herregistrasi) untuk semester berikutnya, paling lambat pada akhir bulan Agustus untuk semester ganjil dan pada akhir bulan Januari untuk semester genap.

Mahasiswa yang tidak melakukan  herregistrasi selama 3 (tiga) semester berturut-turut dianggap mengundurkan diri dan kehilangan status kemahasiswaannya.

 





© 2014 Pendidikan Doktor Psikologi Universitas Gadjah Mada http://doktor.psikologi.ugm.ac.id  IP 54.198.46.115 : 3 ms