Sekilas Pandang

Program Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada memiliki peringkat akreditasi A dari BAN-PT. Lulusan program ini akan mampu mengembangkan pengetahuan dan metodologi di bidang psikologi melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif, original dan teruji. Lulusan juga akan mampu mempublikasikan hasil-hasil riset di bidang psikologi di tingkat nasional atau internasional. Gelar yang diperoleh setelah menyelesaikan program ini adalah Doktor (Dr.). Mahasiswa program doktor (promovendus/a) dapat memilih dan mendalami salah satu dari keenam minat berikut:

  1. Mind, Brain and Performance
  2. Perkembangan Kognisi, Emosi dan Sosial dalam Perspektif Life Span
  3. Relasi Sosial
  4. Psikometrika
  5. Perubahan dan Perkembangan Organisasi
  6. Psikologi Klinis

Visi

Pelopor program pendidikan doktor psikologi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi

Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dibidang psikologi secara profesional, menjadi pakar dibidang risetnya, serta mampu bersaing pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Tujuan Program Studi

  1. Penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka meng­hasilkan lulusan yang unggul dan kompeten.
  2. Penelitian yang menjadi rujukan nasional yang berwawasan lingkungan dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara yang berbasis pada nilai-nilai keunggulan lokal.
  3. Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
  4. Tata kelola yang berkeadilan, transparan, partisipatif, akuntabel, dan terinte­grasi antar unit guna menunjang efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya.
  5. Kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan para mitra.