Untuk meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi UGM khususnya mahasiswa S3, Dr. Neila Ramdhani, M.Si., M.Ed. selaku Kepala Program Studi Doktor Fakultas Psikologi UGM berinisiasi untuk mengadakan workshop mengenai Big Data. Pengertian Big Data secara sederhana adalah istilah untuk kumpulan data dalam volume yang besar, baik yang terstuktur maupun tidak terstruktur dimana memungkinkan untuk seseorang mengolah data tersebut. Big Data dapat menjadi hal yang penting di masa kini dikarenakan dapat diakses begitu mudah kemudian dianalisis untuk berbagai kebutuhan maupun kepentingan seperti penelitian di lingkungan akademisi. Selain itu, dengan Big Data memungkinkan seseorang mendapatkan gambaran yang lebih lengkap serta jelas mengenai suatu fenomena yang terjadi.
Dengan judul ‘Workshop Big Data : Mengenal dan Menganalisis Data di Era Resolusi Industri 4.0’, workshop telah sukses dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Oktober 2018. Workshop menghadirkan pembicara ahli di bidangnya dari Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika Fakultas MIPA UGM, yaitu Dr. Mardhani Riasetiawan, M.T. dan Yunita Sari, M.Sc., Ph.D. Workshop digelar di ruang A-203 Fakultas Psikologi UGM dan dihadiri oleh 40 peserta yang didominasi oleh mahasiswa S3 dari berbagai angkatan yang sedang memulai maupun dalam proses melakukan penelitian. Workshop dimulai pada pukul 08.30 dan dibuka oleh Dr. Neila Ramdhani, M.Si., M.Ed serta Dr. Faturochman, M.A. selaku Dekan Fakultas Psikologi.
Workshop berlangsung hingga pukul 16.00 WIB dan dibagi menjadi empat sesi. Sesi pertama dan kedua diisi dengan materi mengenai dasar-dasar Big Data. Hal ini dilakukan untuk menyamakan pengertian tentang Big Data agar tidak ada perbedaan perspektif serta memudahkan jalannya transfer materi. Sesi kedua dan ketiga diisi dengan pemberian kasus sederhana yang berkaitan dengan Big Data sehingga para peserta dapat lebih memahami dan memiliki gambaran lebih jelas mengenai materi yang telah diberikan pada sesi sebelumnya. Pada sesi ini, kasus akan diinterpretasikan bersama oleh pemateri dan juga peserta workshop.
Dalam pemaparannya, Dr. Mardhani Riasetiawan, M.T. menjelaskan karakteristik dari Big Data yaitu kumpulan data yang dijumlahkan menjadi besar, berukuran besar, merupakan data dari berbagai jenis tipe dan variasi, menyajikan data secara real time, memiliki sifat tertentu seperti rahasia, sangat bernilai di masa depan, dan data-data tersebut dapat bertaut satu sama lain. Selain itu juga dijelaskan bahwa dalam penyelesaian masalah yang terjadi di industri start-up, contohnya Go-Food oleh Gojek, big data dapat dimanfaatkan untuk menganalisis sumber masalah dan menemukan solusi yang tepat sesuai permasalahan yang sedang terjadi. Begitu pula jika dimanfaatkan untuk penelitian, Big Data dapat dianalisis secara mendalam untuk penguatan kualitas penelitian.
Workshop ini diharapkan dapat menjadi manfaat bagi para peserta workshop maupun civitas akademika Fakultas Psikologi UGM untuk pengembangan teknologi, penelitian, maupun hal lainnya di era revolusi 4.0 saat ini.