Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Tahun 2020 dilandasi oleh nilai-nilai berikut ini:
- Pendidikan doktoral merupakan sebuah personalized learning; setiap mahasiswa memiliki kebutuhan, kekuatan, dan kepentingan tersendiri; Kurikulum menyediakan pilihan-pilihan sarana dan strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu kualifikasi Doktor.
- Pendidikan doktoral merupakan sebuah perjalanan menuju penguasaan kebajikan intelektual (intellectual virtue); penguasaan teori, metodologi dan manajemen penelitian, serta keterampilan diseminasi ilmu harus sejalan dan dilandasi kebajikan etis (ethical virtues).
- Penelitian ilmiah sebagai upaya kolektif untuk memecahkan masalah ilmiah; mahasiswa merupakan bagian dari komunitas keilmuan; Promotor dan Ko-Promotor berperan untuk memandu proses sosialisasi dan integrasi mahasiswa ke dalam komunitas keilmuan.
- Program Doktor Ilmu Psikologi berperan fasilitator dan katalisator dari perjalanan pembelajaran yang ditempuh oleh mahasiswa.
Proses akademik Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Tahun 2020 terdiri atas:
- Pembelajaran melalui Mata Kuliah dengan bobot SKS tertentu (PS),
- Pembelajaran melalui Program Pembelajaran Terstruktur tanpa bobot SKS (PBT), dan
- Pembelajaran melalui Program Pembelajaran Pengalaman Terstruktur tanpa bobot SKS (PBP).
MATA KULIAH
Kode | Mata Kuliah | SKS | Metode | Keterangan |
PS203110 | Metodologi Penelitian Psikologi: Kuantitatif dan Kualitatif |
6 |
Kuliah Intensif | Mahasiswa mengambil 4 SKS pada metodologi pilihan pertama (Kuantitatif/Kualitatif) dan 2 SKS pada pilihan kedua |
PS203111 | Kajian Literatur Sistematik |
2 |
Kuliah Intensif | Output artikel publikasi |
PS203210 | Metodologi Penelitian Psikologi: Campuran dan Majemuk |
2 |
Kuliah Intensif | |
PS203301 | Disertasi |
36 |
Proyek Mandiri |
PROGRAM PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR
Kode | Mata Kuliah | SKS | Metode | Keterangan |
PBT203101 | Kode Etik Penelitian dan Etika Publikasi | 0 | Kuliah Intensif / Lokakarya | Wajib ditempuh; evaluasi formatif; prasyarat bagi Ujian Komprehensif |
PBT203102 | Keterampilan Menulis Ilmiah | 0 | Kuliah Intensif / Lokakarya | Wajib ditempuh; evaluasi formatif |
PBT203103 | Perkembangan Mutakhir Riset Bidang Ilmu
|
0 | Kuliah Intensif | Evaluasi formatif; mahasiswa wajib mengikuti setidaknya 2 (dua) dari 7 (tujuh) modul |
PBT203104 | Sit-In di Mata Kuliah Program Studi Sarjana dan Magister | 0 | Kuliah Reguler | Evaluasi formatif; pilihan ditentukan dengan pertimbangan Promotor |
PBT203201 | Proposal Penelitian Disertasi | 0 | Lokakarya | Wajib ditempuh |
PROGRAM PEMBELAJARAN PENGALAMAN TERSTRUKTUR
Kode | Mata Kuliah | SKS | Metode | Keterangan |
PBP203201 | Magang Editorial Jurnal Ilmiah | 0 | Magang | Wajib ditempuh |
PBP203202 | Magang Mengajar di Program Studi Sarjana dan Magister | 0 | Magang | Diambil dengan persetujuan Promotor |
PBP203203 | Magang Membimbing Penelitian dan Publikasi Mahasiswa | 0 | Magang | Diambil dengan persetujuan Promotor |
PBP203204 | Mengikuti Seminar/Konferensi Internasional | 0 | Poyek Mandiri | Menjadi penyaji makalah setidaknya di 1 (satu) seminar/konferensi ilmiah interansional bereputasi. |
JALUR PEMBELAJARAN
MATA KULIAH | SKS | Jalur Studia) | |||
LBb) | JMc) | JAd) | TPe) | ||
MATA KULIAH | |||||
PS203110 Metodologi Penelitian Psikologi: Kuantitatif dan Kualitatif | 6 | W | W&P | W | P |
PS203111 Kajian Literatur Sistematik | 2 | W | W | W | P |
PS203210 Metodologi Penelitian Psikologi: Campuran dan Majemuk | 2 | W | W | W | P |
PS203301 Disertasi | 36 | W | W | W | W |
PROGRAM PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR | |||||
PBT203101 Kode Etik Penelitian dan Etika Publikasi | 0 | W | W | W | W |
PBT203102 Keterampilan Menulis Ilmiah | 0 | W | W | W | P |
PBT203103 Perkembangan Mutakhir Riset Bidang Ilmu
|
0 | W | W | Pf) | P |
PBT203104 Sit-In di Mata Kuliah Program Studi Sarjana dan Magister | 0 | W | W | Pf) | P |
PBT203201 Proposal Penelitian Disertasi | 0 | W | W | W | W |
PROGRAM PEMBELAJARAN PENGALAMAN TERSTRUKTUR | |||||
PTT203201 Magang Editorial Jurnal Ilmiah | 0 | W | W | W | P |
PTT203202 Magang Mengajar di Program Studi Sarjana dan Magister | 0 | W | P | P | P |
PTT203203 Magang Membimbing Penelitian dan Publikasi Mahasiswa | 0 | W | P | P | P |
PBP203204 Mengikuti Seminar/Konferensi Internasional | 0 | W | W | W | P |
Total SKS | 46 | 46 | 44 | 46 | 36 |
Keterangan:
- a) Mahasiswa mengikuti proses pendidkan di salah satu Jalur Studi atas dasar kualifikasi yang dimiliki pada saat mendaftar.
- b) Lulusan Baru: memenuhi syarat minimum sebagai mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Psikologi.
- c) Track Metodologi: memiliki pengalaman mengajar mata kuliah metodologi penelitian setidaknya selama 5 tahun terakhir.
- d) Jalur Mengajar: memiliki pengalaman mengajar mata kuliah dengan isi yang sejalan dengan penelitian disertasinya, dan membimbing penelitian mahasiswa, setidaknya selama 5 tahun terakhir.
- e) Jalur Publikasi: memiliki publikasi setidaknya 5 artikel ilmiah, setidaknya salah satunya di jurnal internasional bereputasi, dan melakukan presentasi oral pada setidaknya satu seminar atau konferensi internasional bereputasi.
- f) Boleh tidak diikuti bila telah memiliki pengalaman memadai terkait dengan MK.
FORMAT DISERTASI
Mahasiswa dapat memilih salah satu dari dua format disertasi sebagai berikut
- Monografi
Disertasi dengan format laporan penelitia; terdiri atas bab-bab: Pendahuluan, Daftar Pustaka, Metode Penelitian, Hasil Penelitian, dan Penutup. - Disertation with Publication
Disertasi terdiri atas setidaknya 2 (dua) independent chapters yang melaporkan hasil penelitian, dilengkapi dengan 1 (satu) atau lebih bab pendahuluan dan ditutup 1 (satu) bab diskusi umum dan kesimpulan. Paling tidak 2 (dua) independent chapters sudah diterima untuk publikasi di jurnal internasional yang diakui oleh UGM.
PENJAMINAN MUTU DISERTASI
Kredibilitas penelitian dan mutu publikasi serta disertasi dijamin melalui proses berjenjang. Di tahap awal, mahasiswa melakukan seminar diseminasi rencana penelitian setidaknya satu kali di dalam forum internal Program Studi Doktor. Setelah itu mahasiswa menempuh Ujian Proposal untuk memeriksa penguasaan mahasiswa terhadap masalah penelitian, serta kesiapan teoritik dan metodologis. Setelah lulus dari Ujian Proposal, mahasiswa melakukan penelitian, mengolah dan menganalisis data, serta menyusun naskah publikasi ilmiah. Selanjutnya mahasiswa memaparkan hasil analisis data dan interpretasi hasil, serta rancangan publikasi hasil penelitiannya ke dalam Seminar Hasil. Mahsiswa wajib setidaknya melakukan satu kali Seminar Hasil. Masukan-masukan yang diperoleh dari seminar hati dapat menjadi bahan pertimbangan bagi mahasiswa dalam menuliskan artikel publikasi. Siklus pengiriman artikel, review dari editor jurnal, perbaikan oleh mahasiswa, serta pengiriman ulang dan proses seterusnya merupakan bagian dari upaya penjaminan mutu disertasi dari sumber eksternal. Artikel yang sudah dinyatakan diterima untuk publikasi di sebuah jurnal yang memenuhi syarat dapat menjadi bagian dari Disertasi. Selanjutnya Penilaian Kelayakan Disertasi oleh Komite Pemeriksa dan Ujian Tertutup merupakan dua bagian terakhir dari upaya penjaminan mutu disertasi secara internal. Setelah lolos dari seluruh proses tersebut, mahasiswa dapat dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Dr.
Keterangan:
Ilustrasi proses pendidikan dengan skenario Jalur Lulusan Baru