Sekilas Pandang

Sekilas Pandang

Program pendidikan tingkat doktoral bidang ilmu psikologi telah diselenggarakan sejak sebelum berdirinya Fakultas Psikologi UGM. Pada tahun 1959 UGM meluluskan Dr. Busono Wiwoho, dengan promortor Prof. Kurt Danziger. Sampai saat ini Program Studi Doktor Ilmu Psikologi telah meluluskan lebih dari 175 orang doktor. Sebagian besar alumni bekerja di bidang akademik. Termasuk di dalam daftar alumni yang berkontribusi besar pada pengembangan ilmu dan profesi psikologi Indonesia adalah Prof. Dr. Siti Rahayu Haditono (Guru Besar UGM, lulus 1979), Prof. Dr. Soetarlinah Sudkadji (Guru Besar UI, lulus 1984), Prof. Dr. Yusti Probowati (Guru Besar UBAYA, lulus 2001), Prof. Dr, Suryanto (Guru Besar UNAIR), Prof. Dr. H.R. Partino (Universitas Cendrawasih), Prof. Dr. M. Djufri (UN Makassar, alumni 2006). Tidak berlebihan bila Program Studi Doktor Ilmu Psikologi telah berperan besar dalam pengembangan ilmu dan profesi psikologi di Indonesia.

Sejak diberlakukannya sistem akreditasi perguruan tinggi (BAN-PT), Program Studi Doktor Ilmu Psikologi telah memiliki peringkat akreditasi A. Sebagai wujud dari upaya berkelanjutan untuk mengembangkan diri, mulai Tahun Akademik 2020/2021 diberlakukan Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Tahun 2020.

Berikut ini berberapa highlight Kurikulum 2020:

  • Secara keseluruhan kurikulum dirancang dengan fokus menghasilkan alumni yang mampu melakukan publikasi hasil penelitian pada jurnal ilmiah internasional bereputasi tinggi.
  • Pada saat lulus, doktor baru sudah memiliki setidaknya dua (2) publikasi pada jurnal ilmiah internasional bereputasi tinggi.
  • Proses belajar memadukan pembelajaran tersturktur dan pengalaman terstruktur; dengan arahan dari Tim Promotor, mahasiswa dapat menentukan strategi dan jalur pembelajaran masing-masing.
  • Semua bentuk pembelajaran terstruktur dilakukan dalam bentuk bentuk kuliah intensif, sehingga tidak terikat pada siklus pembelajaran semester reguler, atau melalui partisipasi sit-in di Prodi Sarjana atau Pascasarjana, di Fakultas Psikologi maupun Fakultas lain di lingkungan UGM.
  • Pembelajaran pengalaman terstruktur ditempuh melalui program Magang Mengajar, Magang Membimbing Penelitian Mahasiswa, dan Magang Editorial Jurnal.
  • Mahasiswa dapat memilih salah satu dari Jalur Pembelajaran (JP) atau learning track), yaitu JP Fresh Graduate, JP Pengalam Mengajar, JP Pengalaman Metodologi, dan JP Pengalmaan Publikasi.
  • Tersedia tujuh (7) bidang peminatan, yaitu: (1) Perubahan dan Perkembangan Organisasi, (2) Psikologi Klinis, (3) Mind, Brain, and Performance, (4) Perkembangan Kognisi, Emosi, dan Sosial Sepanjang Rentang Hidup, (5) Relasi Sosial, (6) Statistika dan Pengukuran, dan (7) Psikologi Pendidikan.

Visi

Pelopor program pendidikan doktor psikologi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi

Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dibidang psikologi secara profesional, menjadi pakar dibidang risetnya, serta mampu bersaing pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Tujuan Program Studi

  • Penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka meng¬≠hasilkan lulusan yang unggul dan kompeten.
  • Penelitian yang menjadi rujukan nasional yang berwawasan lingkungan dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara yang berbasis pada nilai-nilai keunggulan lokal.
  • Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
  • Tata kelola yang berkeadilan, transparan, partisipatif, akuntabel, dan terinte¬≠grasi antar unit guna menunjang efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya.
  • Kerjasama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan para mitra.

Jaminan Mutu