Pada usia SD, anak telah sampai pada perkembangan emosi, mampu menyadari serta mereaksi terhadap feelings orang lain. Pendidikan jasmani (penjas) di SD merupakan proses pendidikan melalui gerak manusia sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Gerak manusia dapat berupa aktivitas jasmani, permainan, atau olahraga.
Eunike dalam penelitiannya mengembangkan materi The Harmony Physical Education (HPE).The Harmony Physical Education (HPE)/ Program Pendidikan Jasmani Harmoni adalah program untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa tingkat sekolah dasar. Studi ini berdasarkan teori Bandura (1986) Social Cognitive Theory.
Program HPE ini adalah program kesehatan jasmani, terdiri atas beberapa games, olahraga dan massive dance (tari saman). Studi ini memiliki hipotesis bahwa HPE efektif dalam meingkatkan kecerdasan emosi siswa sekolah dasar, dan HPE juga dalam meningkatkan aspek dari kecerdasan emosi seperti intrapersonal, interpersonal, kemampuan menyesuaikan diri, dan kemampuan manajemen stress dan general mood.
Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 5 Sekolah Dasar, dengan pertimbangan anak kelas 5 sudah cukup mengerti peraturan-peraturan permainan, sudah dapat lebih mengerti pernyataan yang tertulis dalam Skala Perasaan, alat ukur dalam penelitian ini, dan belum disibukkan dengan pelajaran tambahan ujian akhir SD. Adapun SD yang dipilih adalah SDN dengan akreditasi A, akreditasi B dan akreditasi C yang menerima program kesehatan reguler dan program intervensi (dengan 3 kelompok akreditasi serupa di atas) berupa HPE. Eksperimen berlangsung selama 12 minggu. Kecerdasan emosi diukur terlebih dahulu dan diikuti dengan intervensi dengan skala emosi, yang dimodifikasi dari Bar-On EQ.
Untuk melihat pengaruh perlakuan penjas Harmoni, tingkat akreditasi sekolah, dan jenis kelamin terhadap peningkatan kecerdasan emosi digunakan Anova tiga jalur. Untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap peningkatan komponen-komponen kecerdasan emosi digunakan Manova satu jalur. Analisis anova tiga jalur menunjukkan bahwa program HPE efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosi pada siswa sekolah dasar dan tidak ada perbedaan kecerdasan emosi kenaikan di antara ketiga level akreditasi. Kemudia analisis berdasarkan Manova satu jalur mengindikasikan bahwa Program HPE efektif untuk meningktakan komponen intrapersonal, interpersonal, kemampuan menyesuaikan diri dan general mood. Anova satu jalur juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan emsosi
antara siswa laki-laki dan perempuan sedangkan pada t-test kecerdasan emosi pada wanita lebih tinggi daripada laki-laki.
Maka dari sangat dianjurkan bagi guru penjas untyuk mengaplikasikan program HPE dalam cara mengajar mereka, tanpa pembedaan perilaku antara siswa laki-laki dan perempuan.
Eunike lulus ujian terbuka pada 9 Agustus 2010 di ruang G100 Fakultas Psikologi UGM dengan predikat memuaskan. Ibu dari 3 anak ini menyandang doktor UGM ke-1257 dengan disertasi berjudul “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani Harmoni”.