Rifa Hidayah berhasil mendapatkan predikat “sangat memuaskan” pada ujian terbuka promosi doktor yang diselenggarakan Selasa lalu (17/7/12) di G-100 Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Rifa Hidayah merupakan lulusan program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada ke-1685 tahun ini.
Penelitian disertasi Rifa Hidayah yang berjudul “Model Kognitif Sosial Pemahaman Membaca Pada Anak” sukses dipertahankan di depan dewan penguji. Dewan penguji terdiri dari Prof. Dr. Faturrochman, M.A., Drs. Subandi, M.A., Ph.D, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A., Prof. Dr. Bimo Walgito, Prof. Dr. Sartini Nuryoto, Prof. Dr. Asmadi Alsa, dan Dr. Ratna Wulan, S.U.
Penelitian ini mengangkat permasalahan kurangnya kemampuan membaca pada anak dalam aspek pemahaman. Rifa Hidayah menemukan dari penelitian-penelitian sebelumnya bahwa skor kemampuan membaca anak-anak Indonesia masih berada di bawah rata-rata skor negara lainnya (Pirls, 2006; OECD PISA, 2006), OECD PISA, 2009). Selain penelitian luar negara, penelitian Hidayah (2011) juga menunjukkan bahwa siswa SD/MI di Malang memiliki pemahaman membaca yang rendah. Kurangnya pemahaman membaca pada anak ini terlihat pada fenomena siswa-siswa yang gagal pada Ujian Nasional di mata pelajaran Bahasa Indonesia (Kompas, 2010).
Sampel penelitian diambil dari populasi siswa kelas 5 SD dan MI di kota Malang yang tidak memiliki difabilitas, memiliki nilai rata-rata Bahasa Indonesia memenuhi standar penilaian sekolah, dan memiliki orang tua dengan pendidikan minimal SD. Hipotesis penelitian terdiri dari hipotesis mayor dan 13 hipotesis minor. Hipotesis mayor Rifa Hidayah adalah terdapat kesesuaian model teoretis pengaruh lingkungan literasi sekolah, literasi di rumah, keterlibatan orang tua, motivasi membaca, serta metakognisi membaca terhadap pemahaman membaca pada anak dengan data empiris.
Masing-masing penguji secara bergantian bertanya mengenai disertasi Rifa Hidayah, seperti misalnya alasan dan batasan pemilihan anggota sampel yaitu siswa SD dan MI, komponen-komponen pemahaman membaca, aplikasi model sosial kognitif Bandura pada proses pemahaman bacaan pada anak, hingga rekomendasi dari penelitian disertasi Rifa Hidayah untuk orang tua, guru, dan sekolah berupa pengembangan metode belajar mengajar dan mendidik anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman anak terhadap bacaan.
Ujian terbuka promosi doktor Rifa Hidayah pun ditutup dengan pesan dan kesan dari Prof. Dr. Th. Dicky Hastjarjo. Rifa Hidayah sekeluarga bersama promotor, ko-promotor, dan dewan penguji pun mengabadikan momen tersebut dalam berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.