Menguji secara empiris pengaruh tipe rekomendasi dan kredibilitas informasi terhadap penyesalan konsumen atas keputusan membeli, adalah tujuan dari riset yang berhasil dipertahankan oleh Dr. Faraz Umaya dalam ujian doktor 15 November 2011 lalu. Bertempat di Gedung University Club UGM Dr. Faraz Umaya memaparkan riset yang berjudul “Pengaruh Faktor Tipe Rekomendasi dan Kredibilitas Informasi Terhadap Penyesalan Berdasarkan Keputusan Konsumen Bertindak dan Tidak Bertindak”.
Riset yang dipromotori oleh Prof. Dr. Asip F. Hadipranata, Prof. Dr. Faturochman dan Dr. Magda Bhinnety E. ini menunjukkan hasil yang diantaranya bahwa penyesalan konsumen dipengaruhi oleh tipe rekomendasi dan kredibilitas informasi. Dari hasil analisis juga ditunjukkan bahwa kredibilitas informasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen.
Ujian yang berlangsung sekitar satu jam dengan didampingi para promotor dan segenap civitas akademika Fakultas Psikologi serta kalangan terkait ini membawa Dr. Faraz Umaya menjadi doktor ke 1511 dari UGM dalam bidang psikologi dengan hasil ‘Memuaskan’.