A systematic review is a review of a clearly formulated question that uses systematic and explicit methods to identify, select, and critically appraise relevant research, and to collect and analyze data from the studies that are included in the review (Cochrane Collab., 2003).
A systematic review attempts to collate all empirical evidence that fits pre-specified eligibility criteria in order to answer a specific research question. It uses explicit, systematic methods that are selected with a view to minimizing bias, thus providing more reliable findings from which conclusions can be drawn and decisions made (Higgins et al., 2019).
Dua definisi di atas menyiratkan betapa pentingnya systematic review di dalam dunia penelitian. Untuk memberikan pemahaman mendalam terkait teknik-teknik dalam melakukan systematic review, Promovendus Club (PC) melalui kegiatan Kolokium Dua Minggu-an (KDM) mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan kembali mengadakan KDM dengan tema “Qualitative Systematic Review: Metode dan Penulisan Laporan” pada Jumat, 19 Juni 2020.
Kegiatan Kolokium Dua Minggu-an (KDM) dari Promovendus Club (PC) yang dilakukan secara daring dan diikuti oleh 250 peserta ini, menghadirkan Restu Tri Handoyo, M.Psi., Ph.D. sebagai pemateri. Dosen muda Fakultas Psikologi UGM lulusan University College London ini, secara komprehensif menjelaskan teknik-teknik dalam melakukan systematic review dan tantangan-tantangan yang dihadapi.
Dosen muda yang biasanya disapa mas Tiyo ini, menjelaskan perbedaan systematic review dan traditional review, tahapan-tahapan dalam melakukan systematic review, serta membagikan pengalamannya ketika melakukan systematic review.
Teman-teman yang tertarik dengan kegiatan ini, bisa melihat rekaman kegiatan tersebut di tautan ini.
Referensi
Cochrane Collab. (2003). Glossary. http://community.cochrane.org/glossary
Higgins, J. P. T., Thomas, J., Chandler, J., Cumpston, M., Li, T., Page, M. J., & Welch, V. A. (Eds.). (2019). Cochrane handbook for systematic reviews of interventions (2nd ed.). Wiley-Blackwell