• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Raih Doktor Usai Kaji Miskonsepsi Psikologi

  • Rilis
  • 27 Juli 2023, 08.33
  • Oleh : admin

Kehidupan manusia sehari-hari tidak dapat lepas dari peran psikologi sebagai kajian ilmiah mengenai perilaku dan proses mental. Kajian psikologi yang lekat dengan keseharian ini menjadikan informasi mengenai psikologi yang beredar di masyarakat menjadi hal yang seringkali dipercaya oleh masyarakat umum.

Setiap hari media massa, siaran televisi dan film serta internet memberikan informasi beragam hal kepada masyarakat mengenai tema-tema psikologi. Meski demikian, ternyata media tidak selalu memberikan informasi yang tepat.

Media seringkali menyampaikan beberapa miskonsepsi populer, misalnya amnesia retrograde total dapat terjadi melalui benturan di kepala atau adanya kekuatan paranormal seperti Extra Sensory Perception (ESP). Miskonsepsi tersebut sering diulang-ulang sehingga menjadi sesuatu yang tidak asing dan menimbulkan kesalahan asumsi. Kesalahan asumsi tersebut membuat setiap orang merasa mereka mengetahuinya, dan memercayainya sebagai kebenaran karena terlihat seperti logis dan masuk akal.

Dalam pandangan Heru Astikasari Setya Murti, S.Psi., M.A kondisi ini menyebabkan beredarnya sejumlah besar informasi yang tidak akurat dan menimbulkan terjadinya penyebaran miskonsepsi psikologi, terlebih lagi di era serba digital. Era yang mempermudah penyebaran informasi yang sebenarnya keliru.

“Perkembangan media sosial membuat orang menyebarkan begitu saja informasi yang mereka dapatkan dan menyebarkannya tanpa terlebih dahulu mengecek kebenaran fakta, dan seringkali media sosial menjadi sarana untuk propaganda dan transisi informasi yang keliru,” ujarnya di Fakultas Psikologi UGM, Selasa (25/7).

Oleh karena itu, menurutnya, sangat penting memahami paparan informasi tanpa disertai dengan pemahaman yang tepat akan mengarahkan pada ketersesatan dan miskonsepsi. Terlepas dari kondisi masyarakat yang memercayai miskonsepsi mengenai psikologi, di bidang psikologi sendiri, miskonsepsi menyebar seperti halnya informasi yang akurat.

Heru Astikasari Setya Murti mengatakan itu saat menempuh ujian terbuka Program Doktor Ilmu Psikologi, Fakultas Psikologi UGM. Di hadapan tim penguji, promovenda yang dosen Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga dalam ujiannya mempertahankan disertasi Peran Berpikir Kritis dan Inhibisi Kognitif Pada Miskonsepsi Psikologi. 

Disebutnya penelitian yang ia lakukan bertujuan untuk mengetahui peran berpikir kritis melalui instruksi berpikir kritis yang terintegrasi dengan refutation text dalam mereduksi miskonsepsi psikologi dan mempertimbangkan inhibisi kognitif sebagai moderator. Sekaligus mencoba mengembangkan media pengajaran instruksi berpikir kritis yang diintegrasikan dengan refutation text dalam bentuk serious game.

“Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Between Subject Design dengan desain The Basic Randomized Design Comparing Two Treatments,” ucapnya.

Astikasari menjelaskan partisipan penelitian adalah para mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana yang berjumlah 67 mahasiswa dengan rentang usia 18-22 tahun (M=19,6; SD=1,244). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan miskonsepsi psikologi antara kelompok perlakuan 1 (IBKT) dengan kelompok perlakuan 2 (IBK) (t(65)=0,229; p>0,05).

Hasil penelitian memperlihatkan perlakuan instruksi berpikir kritis menggunakan serious game yang terintegrasi dengan refutation text (IBKT) terhadap miskonsepsi psikologi memberikan hasil yang relatif tidak berbeda dengan instruksi berpikir kritis tanpa refutation text (IBK). Ini berarti bahwa berpikir kritis yang diberikan melalui instruksi berpikir kritis secara mandiri maupun yang terintegrasi dengan refutation text memberikan pengaruh yang serupa terhadap hasil miskonsepsi psikologi.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa inhibisi kognitif dapat menjadi moderator baik pada kelompok perlakuan 1 (IBKT) maupun pada kelompok perlakuan 2 (IBK). ). Pada kelompok perlakuan 1 (IBKT) inhibisi kognitif menjadi moderator dengan arah positif, sementara pada kelompok perlakuan 2 (IBK) inhibisi kognitif menjadi moderator dengan arah negatif.

“Sebagai implikasinya, IBKT dan IBK dalam serious game dapat menjadi metode pembelajaran berpikir kritis untuk mengurangi miskonsepsi psikologi,” paparnya.

Berdasarkan hasil implementasi serious game, Serious Game Berpikir Kritis yang dibuat dalam penelitian ini dapat menstimulasi berpikir kritis sehingga pengembangan lebih lanjut dari game untuk meningkatkan berpikir kritis dalam pendidikan. Itu dapat dilakukan bagi mahasiswa karena mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menggunakan inhibisi kognitifnya agar dapat mengurangi miskonsepsi yang dipegangnya.

Secara lebih khusus, bagi pengampu mata kuliah di bidang Psikologi dapat lebih mencermati keberadaan miskonsepsi Psikologi dan menerapkan upaya-upaya untuk mengatasinya. Salah satu bentuknya adalah dengan menggunakan refutation text untuk mengurangi miskonsepsi yang dialami mahasiswa.

“Saya kira proses yang sudah dilakukan dalam penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu model pembelajaran,” ungkapnya.

Penulis : Agung Nugroho

Sumber: http://ugm.ac.id/id/berita/raih-doktor-usai-kaji-miskonsepsi-psikologi/

Related Posts

Kelas Publikasi Bersama Prof. Dr. Anke Karl: Strategi Menulis Ilmiah bagi Mahasiswa dan Akademisi

Rilis Jumat, 11 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan kapasitas akademik dengan menyelenggarakan Kelas Publikasi pada Rabu, 9 Juli 2025. Kegiatan ini menghadirkan narasumber istimewa, Prof. Dr. Anke Karl, seorang profesor dalam bidang Clinical Psychology dan Direktur Biobehavioural Lab, University of Exeter, Inggris.

Kelas ini dilaksanakan secara luring di Ruang B-104 Fakultas Psikologi UGM, dan berlangsung dari pukul 10.00 hingga 15.30 WIB. Tidak kurang dari 16 peserta mengikuti kelas ini, yang terdiri dari mahasiswa program doktor, dosen lintas universitas, mahasiswa S1 dan S2, serta akademisi umum dari berbagai institusi.

Membongkar Strategi Publikasi Ilmiah yang Efektif

Dalam sesi yang berlangsung interaktif dan aplikatif, Prof. Anke membagikan berbagai strategi penting dalam penulisan manuskrip ilmiah, mulai dari membangun alur argumentasi yang logis dan meyakinkan, menyusun struktur artikel yang sistematis, hingga merumuskan urgensi dan kontribusi riset secara eksplisit.

Para peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana membangun narasi akademik yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik bagi reviewer dan pembaca jurnal ilmiah bereputasi. Selain itu, Prof. Anke juga mengajak peserta untuk merefleksikan nilai dari riset itu sendiri, dan bagaimana merancang tulisan yang menjawab pertanyaan penting di bidang psikologi dan kesehatan mental.

Keterbukaan dan Inklusivitas Akademik

Kelas publikasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa doktoral, tetapi juga membuka ruang bagi peserta dari latar belakang akademik yang beragam. Inklusivitas ini menjadi cerminan visi Program Doktor Ilmu Psikologi UGM dalam membangun ekosistem akademik kolaboratif, tempat semua insan akademik—dari mahasiswa hingga dosen—dapat saling belajar dan tumbuh.

Penyelenggaraan kelas publikasi ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, serta mendorong mahasiswa dan akademisi agar lebih percaya diri dan siap untuk berkarya di ranah global.

Dengan semangat berbagi dan memperluas jejaring akademik internasional, Kelas Publikasi bersama Prof. Anke diharapkan menjadi pemantik semangat baru dalam menulis dan mempublikasikan hasil penelitian yang berdampak.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Seleksi Perdana Mahasiswa Baru Jalur Fast-Track S2-S3 Program Doktor Psikologi UGM

Rilis Kamis, 10 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) mencatat tonggak sejarah baru dengan menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru Jalur Fast-Track S2-S3 untuk pertama kalinya pada tahun akademik 2025/2026. Inisiatif ini merupakan bentuk pengembangan berkelanjutan pasca keberhasilan Program Doktor Ilmu Psikologi UGM meraih akreditasi Unggul, serta sebagai upaya menciptakan jalur percepatan akademik bagi calon doktor yang berasal dari jenjang magister di lingkungan UGM.

Jalur Fast-Track ini secara khusus diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Magister Psikologi UGM yang sedang menempuh semester 2 (bagi angkatan gasal) atau semester 3 (bagi angkatan genap). Skema ini dirancang untuk mempercepat durasi studi menjadi 4 hingga 4,5 tahun untuk penyelesaian program magister dan doktor sekaligus.

Lima Kandidat, Satu Tujuan Akademik

Pada seleksi perdana ini, terdapat lima orang pendaftar, terdiri dari tiga mahasiswa perempuan dan dua mahasiswa laki-laki. Menariknya, kelima pendaftar ini berasal dari beragam bidang minat dalam ilmu psikologi, mencerminkan semangat multidisipliner yang menjadi ciri khas Program Psikologi UGM.

Rangkaian Tes Substantif yang Komprehensif

Seleksi Fast-Track ini dilaksanakan melalui rangkaian Tes Substantif selama tiga hari, yaitu:

  • Senin, 7 Juli 2025: Tes Menulis Ilmiah, Computer-Based Test (CBT), dan Tes Wawancara Psikologis
  • Rabu & Kamis, 9–10 Juli 2025: Tes Wawancara Akademik, termasuk presentasi proposal disertasi

Tes Substantif dirancang tidak hanya untuk menguji kapasitas kognitif dan kesiapan psikologis calon mahasiswa, tetapi juga untuk mengevaluasi kesiapan konseptual dan akademik dalam mengembangkan disertasi sejak awal. Salah satu keunikan dalam proses ini adalah keterlibatan langsung Kepala Program Studi S3 dan S2, serta dosen pembimbing tesis sebagai pewawancara dalam Wawancara Akademik. Pendekatan ini menjamin bahwa proses seleksi dilakukan secara menyeluruh, personal, dan relevan terhadap lintasan akademik masing-masing pendaftar.

Komitmen terhadap Inovasi dan Kualitas Akademik

Program Jalur Fast-Track ini merupakan bukti nyata komitmen Fakultas Psikologi UGM dalam mendorong inovasi pendidikan tinggi, memperluas akses percepatan studi bagi mahasiswa berprestasi, dan membina calon ilmuwan psikologi sejak dini dalam lingkungan akademik yang ketat namun suportif.

Dengan antusiasme dan kesiapan para kandidat, pelaksanaan seleksi perdana ini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk penerimaan mahasiswa Fast-Track di tahun-tahun berikutnya.

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Patera Adwiko Priambodo

Angkatan 2024Mahasiswa Kamis, 10 Juli 2025

  • padwiko[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2024
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Eksplorasi Komunikasi Orang Tua terhadap Anak: Perspektif Individu dengan Gangguan Depresi

Abstrak

Kesehatan mental pada kelompok usia emerging adulthood (EA) menjadi isu krusial di Indonesia, terutama dengan tingginya prevalensi depresi dan pikiran bunuh diri. Salah satu aspek kontekstual yang diyakini memengaruhi kondisi ini adalah pola komunikasi antara orang tua dan anak. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika komunikasi orang tua terhadap anak pada individu
EA yang mengalami depresi di Indonesia melalui pendekatan multi metode kualitatif sekuensial. Penelitian terdiri dari dua tahap: (1) scoping review terhadap artikel yang mengacu pada protokol yang dirumuskan untuk mengidentifikasi faktor-faktor berkaitan dengan komunikasi orang tua-anak dalam konteks depresi di Asia, dan (2) studi fenomenologis terhadap partisipan EA yang dipilih melalui purposive sampling untuk memotret pengalaman subjektif terkait pola komunikasi bersama orang tuanya.

Promotor

Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

Co-Promotor

Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., MPsych., Ph.D., Psikolog

Profil Singkat

Patera Adwiko Priambodo merupakan akademisi dan praktisi pada bidang ilmu psikologi klinis serta perkembangan sepanjang rentang hidup. Patera memfokuskan risetnya pada topik-topik mengenai gangguan psikopatologis yang dikaitkan dengan konteks relasi sosial, terutama keluarga. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya (S.Psi.) di Fakultas Psikologi UGM, Patera kemudian melanjutkan pendidikannya pada program Magister Psikologi Profesi bidang Klinis (M.Psi., Psikolog) di universitas yang sama. Pengalaman praktiknya dimulai di RSJ Grhasia, Yogyakarta kemudian dilanjutkan berpraktek sebagai psikolog klinis di Gadjah Mada Medical Center (GMC), serta Biro Psikologi Dinamis. Saat ini, Patera sedang menempuh studi doktoral (Dr.) pada bidang ilmu psikologi di UGM.

Ujian Tertutup Muryantinah Mulyo Handayani: Mengangkat Konsep Flourishing pada Dewasa Autistik

Rilis Rabu, 9 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan Ujian Tertutup bagi salah satu mahasiswanya dari Angkatan 2018, yaitu Muryantinah Mulyo Handayani, Psych (Ed & Dev), pada Selasa, 8 Juli 2025. Dalam ujian ini, Muryantinah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Flourishing pada Dewasa Autistik.”

Disertasi ini mengangkat isu yang semakin relevan dalam lanskap psikologi perkembangan—bagaimana individu dewasa dengan autisme dapat mencapai kondisi flourishing atau berkembang secara optimal dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan menjauh dari narasi defisit dan ketidakmampuan, penelitian ini menyoroti pentingnya memandang individu autistik sebagai pribadi yang juga memiliki potensi, aspirasi, dan kapasitas untuk hidup sejahtera secara psikologis dan sosial.

Dukungan Akademik dan Kepakaran Interdisipliner

Ujian Tertutup ini dipimpin oleh Dr. Nida Ul Hasanat, M.Si., Psikolog, selaku Sekretaris Senat Fakultas Psikologi UGM. Dalam proses penyusunan disertasi, Muryantinah dibimbing oleh Prof. Dr. Sofia Retnowati, M.S., Psikolog sebagai Promotor. Tim Ko-Promotor terdiri dari: Dr. MG Adiyanti, M.S., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM) dan Dr. Rahkman Ardi, M.Psych. (Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)

Tim Penguji dalam ujian ini melibatkan pakar lintas bidang dan institusi: Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM), Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM), Prof. dr. Mei Neni Sitaresmi, Ph.D., Sp.A(K) (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM), Dr. Nurlaila Effendy, M.Si., Psikolog (Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)

Kehadiran tim penguji yang beragam ini mencerminkan pendekatan interdisipliner dalam memahami autisme dan well-being, serta memperkuat landasan ilmiah dari penelitian yang dilakukan.

Perspektif Baru tentang Kesejahteraan Psikologis

Melalui disertasi ini, Muryantinah menantang pandangan tradisional yang terlalu fokus pada keterbatasan individu autistik. Ia menunjukkan bahwa dengan dukungan lingkungan yang inklusif dan pendekatan psikologis yang tepat, individu dewasa dengan autisme juga dapat mengalami flourishing, yaitu kondisi ketika seseorang merasa hidupnya bermakna, terhubung, dan berkembang secara pribadi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi penting dalam pengembangan intervensi berbasis kekuatan (strength-based intervention) dan kebijakan inklusif yang mendorong pemberdayaan individu autistik dewasa.

Selamat kepada Muryantinah Mulyo Handayani, Psych (Ed & Dev) atas pencapaiannya dalam Ujian Tertutup ini. Semoga hasil penelitiannya menjadi pijakan bagi perubahan paradigma dalam melihat potensi individu autistik, serta memperkuat praktik psikologi yang lebih manusiawi, positif, dan berorientasi pada kebermaknaan hidup.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada