• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Kursus Intensif

Kursus Intensif Pengukuran Psikologi

  • Kursus Intensif, Rilis
  • 27 November 2020, 14.36
  • Oleh : doktor.psikologi

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi UGM menyelenggarakan kursus intensif Pengukuran Psikologi secara daring. Acara yang diagendakan selama 4 hari ini diadakan pada tanggal 16, 19, 20 dan 25 November 2020.

Adapun jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti kursus yaitu 187 orang yang terdiri dari peserta umum yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan, mahasiswa S3 psikologi ugm dan pengurus APSIMETRI.

Kegiatan dibuka oleh ibu Dr. Nida UI Hasanat, M.Si., Psikolog selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan beliau berterima kasih kepada para panitia atas terselenggaranya kegiatan dan para peserta yang ikut berpartisipasi dalam sharing ilmu yang diadakan hari ini.

Sesi pertama pada hari pertama dibuka oleh pemateri bapak Rahmat Hidayat, M.Sc., Ph.D. yang merupakan Kaprodi Doktor Fakultas Psikologi UGM. Beliau akan menyampaikan topik yang berjudul Mengeksplorasi Jejaring Nomologis Konstruk Ukur. Materi dimulai dengan pemaparan tentang dasar dari pengukuran psikologi dan penjelasan tentang jejaring normologis itu sendiri. Secara ringkas, jejaring normologis merupakan sebuah representasi atas konsep atau konstruk dalam sebuah kajian dan manifestasinya serta kesalingterkaitan di dalam dan antar konsep atau konstruk serta manifestasinya. Beliau juga memaparkan tentang prinsip penerapan jejaring normologis dan contoh-contoh jurnal yang membahas tentang jejaring normologis.

Sesi kedua dilanjutkan oleh bapak Restu Tri Handoyo, Ph.D., Psikolog dengan topik yang berjudul Peranan Teori dalam Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Pembahasan dimulai dengan pemaparan singkat tentang pengukuran psikologi, dilanjutkan dengan peran teori dalam pengukuran, substantive validity: conceptualisation and literatur review dan pembahasan terakhir yaitu lesson learned: self-report stigma questionnaire Indonesia. Secara garis besar, dari teori yang ada peneliti dapat menjabarkan menjadi sebuah definisi operasional yang kemudian diturunkan menjadi indikator-indikator keperilakuan agar dapat dibuat menjadi item-item dalam pengukuran psikologi dan menghasilkan sebuah data yang menggambarkan teori tersebut.

Sesi ketiga di hari pertama akan ditutup oleh Galang Lufityanto, M.Psi., Ph.D. dengan topik yang berjudul Inovasi dalam Pengukuran Psikologi. Beliau memaparkan pengalaman pengembangan alat tes dan mengajak peserta untuk sharing dan sama-sama belajar dalam sesi ini. Di teori human iceberg, perilaku manusia yang terlihat seperti kata-kata aspek verbal, gerak tubuh dan lain sebagainya disebabkan oleh hal kasat mata seperti kepercayaan dan nilai. Tantangan ilmuwan psikologi tidak hanya didasarkan pada hal yang terlihat tetapi bagaimana kita dapat memprediksi perilaku yang terlihat berdasar hal-hal laten.

Hari kedua dalam sesi keempat akan dibuka oleh Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A. dengan topik yang berjudul Teknik dan Prosedur Pengembangan Alat Ukur. Bapak Azwar memulai sesi dengan pembahasan awal mengenai pengukuran secara umum dan pengukuran secara spesifik dalam dunia psikologi. Beliau juga memaparkan tentang bagaimana mengembangkan suatu teori menjadi suatu alat ukur. Dimulai dari select a theoretical concept, discover behavioral aspect, create behavioral indicators, dan terakhir write scale items. Di akhir sesi beliau juga menunjukkan beberapa blue print dan contoh-contoh alat ukur non-kognitif.

Sesi kelima dilanjutkan oleh Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si. dengan topik yang berjudul Teknik dan Prosedur Adaptasi Tes. Materi dimulai dengan pemaparan latar belakang melakukan adaptasi suatu alat ukur. Menurut beliau, adaptasi alat ukur diimplementasikan pada negara yang baru, budaya, bahasa dan metode yang unik. Karena hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai ekuivalensi antara sumber original dengan versi target. Beliau juga membahas tentang konsep dan cakupan adaptasi instrumen pengukuran psikologi, kemudian tahapan-tahapan melakukan adaptasi tes, contoh dari skala yang telah diadaptasi dan bagaimana melakukan validasi hasil suatu alat tes yang telah diadaptasi. Skala yang telah diadaptasi atau skala versi translasi tidak begitu menghasilkan skor yang sama-sama reliable dengan skala versi Bahasa original. Oleh karena itu, hasil adaptasi harus diverifikasi dengan hati-hati melalui proses pengujian propertis psikometri yang sistematis.

Sesi terakhir atau keenam di hari kedua dilanjutkan oleh bapak Haryanta, M.A. yang akan menyampaikan topik berjudul Konstruksi Tes Kognitif. Materi dimulai dengan pengertian kemampuan kognitif, sejarah perkembangan tes kognitif dan tahapan konstruksi tes kognitif. Tahap pertama dimulai dari test conceptualization yaitu menentukan tujuan tes dan memilih teori kognitif yang akan digunakan, test specification yaitu menentukan responden, bentuk tes dan jumlah subtes atau item, item development, field testing, test assembling dan yang terakhir norming and validity studies.

Hari ketiga sesi ketujuh akan dimulai oleh bapak Drs. Helly Prajitno Soetjipto, M.A. dengan topik yang berjudul Pengujian Dimensionalitas Pengukuran. Pada pembahasan pertama, beliau memaparkan bahwa pengujian dimensionalitas dalam proses evaluasi hasil pengukuran merupakan salah satu aktifitas penting dalam pengembangan dan pengujian instrumen pengukuran. Informasi mengenai dimensionalitas memberikan sejumlah implikasi yang tidak hanya berkaitan dengan bagaimana menafsirkan sebuah hasil pengukuran namun juga berkaitan dengan bagaimana menerapkan prosedur analisis statistika.  Kemudian beliau juga memaparkan beberapa cara mereduksi dimensionalitas pengukuran serta konsep umumnya yaitu: principal component analysis (PCA), exploratory factor analysis (EFA) berbasis data, dan confirmatory factor analysis (CFA).

Sesi kedelapan dilanjutkan oleh ibu Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D. dengan topik yang berjudul Pengembangan Implicit Association Test. Dalam pembahasan kali ini, bu Kus memulai dengan pemaparan latar belakang munculnya Implicit Association Test (IAT), pengertian IAT, menurut beliau IAT yaitu alat ukur yang populer dalam psikologi digunakan untuk menentukan kekuatan asosiatif pada dua konsep. Dua konsep tersebut adalah pasangan target kategori dan pasangan atribut evaluatif yang berkaitan. Kekuatan asosiatif diukur dengan mendasarkan pada reaction time respon partisipan. Semakin cepat reaction time maka semakin kuat asosiasi antara dua konsep tersebut. Beliau juga membahas kegunaan IAT, contoh penelitian yang menggunakan IAT, jenis administrasi, serta kelebihan dan kekurangan IAT. Dan di akhir sesi beliau juga memaparkan kritik dan rekomendasi untuk riset IAT yang dapat dilakukan di masa depan.

Hari terakhir sesi kesembilan dibuka oleh mas Wahyu Jati Anggoro dengan topik yang berjudul Pengembangan Situational Judgement Test (SJT). Beliau membahas tentang dasar teoritis dari SJT dan definisinya dalam ilmu psikologi, contoh-contoh SJT, karakteristik butir soal SJT, tujuan SJT dan prosedur penyusunan SJT. Secara garis besar, situational judgement test atau SJT adalah tipe tes yang menyediakan bentuk item-item yang realistis dengan situasi nyata dan subjek dapat memilih respon yang sesuai diri mereka. Dan pada akhir sesi, beliau juga memaparkan tipe-tipe penyekoran dalam SJT.

Sesi terakhir ditutup oleh bapak Wahyu Widhiarso, M.A. dengan topik yang berjudul Analisis Kelas Laten dalam Pengembangan Tipologi Individu. Beliau membahas tentang ide dasar penggunaan dari analisis kelas laten beserta contoh jurnal penelitian yang telah beliau lakukan. Kemudian konsep dasar dari konstruk laten dan prosedur analisisnya. Analisis kelas laten ini mempelajari pola-pola tanggapan individu terhadap butir-butir alat ukur dan memberikan informasi yang sangat berharga mengenai karakteristik unik individu. Di Akhir sesi, beliau memberikan jurnal-jurnal yang dapat dijadikan referensi penggunaan analisis kelas laten dan berharap dapat dijadikan ide riset oleh para peserta.

Penulis: Chintia Viranda

Related Posts

Ulfa Amalia

Angkatan 2022Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • ulfaamalia[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2022
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Determinan Psikososial Kekerasan Seksual Remaja dari Perspektif Perpetrators dan Bentuk Intervensinya

Abstrak

Topik riset disertasi yang ulfa lakukan untuk memahami faktor-faktor psikososial kekerasan seksual remaja dari sudut pandang pelaku dan juga memahami bentuk-bentuk intervensi yang digunakan dalam menangani remaja sebagai pelaku kekerasan seksual. Pendekatan yang digunakan dengan Intervention mapping, mulai dari need assesment hingga juga penggunaan co-design, sebagai bentuk keterlibatan secara partisipatif pihak-pihak yang terkait untuk menghasilkan modul intervensi.

Promotor

Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

Co-Promotor

Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D

Profil Singkat

Ulfa merupakan mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Psikologi Angkatan 2022 di bawah promotor Prof. Dr. Tina Afiatin, M. Si., Psikolog serta ko-promotor Pradytia Putri Pertiwi, S. Psi., Ph.D. Ulfa memiliki ketertarikan dalam bidang Psikologi perkembangan dan berbagai risetnya yang mengkaji tentang remaja.

Widia Sri Ardias

Angkatan 2022Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • widia.sri.ardias[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2022
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Strategi Perguruan Tinggi Mengembangan Critical Thinking di Era Post-Truth

Abstrak
Perkembangan teknologi yang pesat diikuti dengan perubahan interaksi manusia dilakukan melalui media sosial menimbulkan tantangan besar saat ini yaitu masifnya persebaran fakenews dan hoax. Kondisi tersebut menempatkan manusia di era yang dikenal dengan post-truth dimana keyakinan dan emosi dapat mengalahkan fakta dan data. Diperlukan kemampuan berpikir kritis yang pada berbagai studi mutakhir disoroti sebagai fungsi utama pendidikan tinggi dalam prosesnya mempersiapkan manusia dewasa yang akan segera mengambil peran dalam kehidupan masyarakat. Perguruan tinggi sebagai sebuah organisasi yang melaksanakan proses pendidikan ditingkat lanjut diharapkan mampu menyusun strategi dan memastikan bahwa organisasinya dapat menjadi tempat yang kondusif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu, penting dikaji lebih lanjut bagaimana perguruan tinggi kemudian melaksanakan peran sentral mereka dalam menjaga masyarakat dari dampak buruk kondisi di era post-truth yang terjadi saat ini dengan menciptakan iklim kecendekiawanan dengan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode majemuk sekuensial melalui 3 tahapan studi yaitu scoping review, analisis tematis, studi kasus beserta delphi. Ketiga tahapan studi tersebut diharapkan mampu menghasilkan pemetaan tentang metode pengembangan berpikir kritis yang telah dilakukan saat ini di setting perguruan tinggi di Indonesia dan strategi yang dimiliki oleh perguruan tinggi sebagai sebuah organisasi yang bertanggungjawab untuk membentuk iklim berpikir kritis yang kondusif bagi sivitas akademikanya.
Promotor

Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog

Co-Promotor

Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog

Profil Singkat

Widia Sri Ardias adalah dosen tetap PNS di Prodi Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang dengan keilmuan di Psikologi Industri dan Organisasi sejak tahun 2018. Lahir dan besar di kota Padang, Widia melanjutkan pendidikan Sarjana Psikologi di Universitas Indonesia pada tahun 2004-2008 dan Magister Psikologi Profesi peminatan PIO di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2013-2015. Selain berprofesi sebagai dosen, ia juga merupakan praktisi di bidang pengembangan Manajemen SDM, dan aktif terlibat diasosiasi profesi psikologi khususnya yang berada di wilayah Sumatra Barat. Sejak tahun 2023 ia dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua APIO perwakilan Sumbar hingga 2027 nanti.

Muhammad Kashai Ramdhani Pelupessy

Angkatan 2024Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • muhammadkashairamdhanipelupessy[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2024
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Dinamika Resiliensi Komunitas Menghadapi Dampak Bencana non-Alam akibat Industrialisasi

Abstrak

Penelitian ini akan menyoroti dinamika resiliensi komunitas dalam konteks menghadapi dampak bencana non-alam di wilayah industrialisasi ekstraktif. Saat ini, isu mengenai bencana non-alam sering dialami oleh masyarakat adat yang tinggal di area industri. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan masyarakat dari komunitas adat yang tinggal di wilayah industri. Nilai-nilai budaya (local wisdom) dan spiritualitas tentu berkontribusi dalam dinamika resiliensi komunitas.

Promotor

Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog

Co-Promotor

Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D

Profil Singkat

Lulusan S1 Psikologi Universitas Islam Indonesia tahun 2015 dan S2 Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2019. Saat ini bekerja sebagai dosen psikologi di Universitas Islam Negeri AM Sangadji, Maluku. Sangat berminat pada isu-isu mengenai psikologi bencana (man-made disaster) yang dikaitkan dengan pembangunan, diskursus ruang, dan kebudayaan.

Nur Afni Indahari Arifin

Angkatan 2021Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • nurafniindahari[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2021
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Pengembangan Indikator Kinerja PNS di Indonesia

Abstrak

Kinerja pegawai merupakan hal yang selalu menjadi perhatian karena menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan organisasi. Demikian pula kinerja pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Kinerja PNS selama ini selalu menjadi sorotan negatif. Berbagai berita di media massa menuliskan mengenai buruknya kinerja sebagian besar PNS. Berbagai intervensi telah dilakukan untuk memperbaiki kondisi, namun kinerja yang diharapkan belum dapat tercapai. Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan indikator kinerja PNS sesuai visi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menyusun faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kinerja PNS di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam tiga studi, yaitu studi 1 untuk menyusun indikator kinerja PNS, studi 2 untuk mengembangkan model teoritis faktor-faktor yang memengaruhi kinerja, dan studi 3 untuk menguji model faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja PNS. Dengan tersusunnya indikator kinerja dan diketahui faktor-faktor yang memengaruhi kinerja PNS di Indonesia maka diharapkan dapat memberikan masukan mengenai faktor apa yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki kinerja PNS di Indonesia.

Promotor

Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog

Co-Promotor

Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog

Profil Singkat

Alumni S1 Psikologi dari Universitas Negeri Makassar yang kemudian mengambil Program Magister Profesi Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai psikolog, khususnya dalam bidang industri dan organisasi. Menangani kasus-kasus individu dalam setting organisasi, asesor di pemerintahan dan swasta serta membantu merancang program untuk pengembangan sumber daya manusia. Memulai karir sebagai staf pengajar dan peneliti di Prodi Psikologi, Fak. Psikologi UNM, yang kemudian dipercaya untuk mengelola Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fak. Psikologi UNM sejak tahun 2015 hingga saat ini. Menjadi anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) sejak tahun 2008 dan pernah menjadi pengurus wilayah tahun 2013-2017. Saat ini juga aktif sebagai Pengurus Pusat HIMPSI dan Korps Relawan Bencana (KRESNA) HIMPSI.

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada