• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
    • Prosedur Operasional Standar
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • Panduan Penulisan Disertasi
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Workshop Etika Penelitian

  • Rilis
  • 1 Maret 2021, 10.02
  • Oleh : doktor.psikologi

Program Doktor Ilmu Psikologi Fakultas PsikologiI UGM bekerja sama dengan unit-unit di Fakultas Psikologi UGM menyelenggarakan berbagai workshop dengan tema besar yakni Etika Penelitian. Narasumbernya pun memiliki pengalaman di bidangnya masing-masing. Ada tiga 3 topik yang dibawakan, yakni (1) Etika Penelitian dengan Partisipan Anak, (2) Research Ethics in Mental Health Fieldwork, dan (3) Etika Penelitian dengan Partisipan Manusia.

Workshop Etika Penelitian dengan Partisipan anak, diisi oleh Ibu T. Novi Poespita Candra, M.Si., Ph.D, dan Elga Andriana, M.Ed., Ph.D. Ibu Novi menjelaskan tentang “Tantangan Metodologis dan Etis Penelitian dengan Anak”. Beliau mengatakan bahwa dengan adanya etika maka dapat menghasilkan riset yang dapat bermanfaat dan tidak membahayakan bagi golongan tertentu, serta akan menghasilkan riset yang aman secara fisik dan psikologi. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian ketika menjadikan anak sebagai partisipan penelitian, yakni (1) tidak boleh ada satu pun anak yang mengalami diskriminasi, (2) peneliti, organisasi peneliti, maupun pemerintah bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik dan memastikan anak-anak terlindung, (3) anak-anak memiki hak untuk dilindungi dari riset yang berbahaya dan mengeksploitasi, dan (4) peneliti memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua anak memiliki akses untuk mendapatkan dukungan.

Berbeda dengan materi yang diberikan oleh Ibu Novi, Ibu Elga membawakan materi dengan topik “Penelitian Melibatkan Anak yang Etis dan Inklusif”. Ibu Elga menuturkan 4 hal yang menjadi prinsip pada etika penelitian yang melibatkan anak berkebutuhan khusus, yakni (1) respect, prinsip ini berkaitan dengan bagaimana menghargai anak-anak, mempercayai bahwa mereka mampu, dan merhargai pandangan mereka dengan serius, (2) trust, prinsip ini berkaitan dengan berapa waktu yang diperlukan untuk menimbulkan kepercayaan dengan anak-anak serta komunitasnya, (3) strength, prinsip ini berkaittan dengan apa yang menjadi fokus penelitian yakni kekuatan anak-anak, berusaha mencari hal-hal positif dari anak-anak yang terlibat penelitian, dan (4) inclusive diversity, prinsip ini berkaitan dengan kemampuan menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh orang lain.

Setelah membahas etika penelitian dengan partisipan anak, selanjutnya materi terkait tema etika penelitian dibahas dalam bidang Kesehatan Mental. Materi ini dibawakan oleh para ahlinya: Diana Setiyawati, M.H.Sc.Psy., Ph.D., dan Dr. Erminia Colucci. Ibu Diana mengatakan bahwa etik dalam penelitian harus diutamakan. Hal ini dilakukan untuk melindungi seluruh partisipan dalam proses penelitan dan menghindarinya dari risiko-risiko yang dapat merugikan. Partisipan memiliki hak yang sama dengan orang lain. Pada penelitian yang dilakukan, hasil penelitian psikologi tersebut harus memiliki atau memberikan benefit yang lebih besar daripada dampak yang negatif.

Berbeda dengan materi yang dibawakan oleh Ibu Diana, Ibu Colucci memberikan pemahaman tentang bagaimana etik penelitian terbentuk dan bagaimana penerapannya sekarang. Ibu Colucci berbicara tentang “Ethic in Visual Psychology”. Ibu Colucci memperkenalkan metode baru dalam penelitian psikologi yakni visual psychology. Pada metode ini, image atau visual seperti gambar, video, lukisan, atau objek itu sendiri dapat digunakan dalam melakukan penelitian. Menurut Ibu Colucci, peneliti perlu mempertimbangkan sudut pandang partisipan penelitian, sangat penting juga untuk melibatkan masyarakat sekitar yang lebih paham tentang kondisi lapangan dalam melakukan penelitian. Karena seringkali etika penelitian hanya dilihat dari perspektif peneliti yang tidak ada di lapangan.

Selanjutnya, materi kode etik dibawakan dengan tema etika penelitian dengan partisipan manusia. Tema ini memiliki 3 topik yang dibawakan oleh para ahlinya, yakni Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Galang Lufityanto, M.Psi., Ph.D, dan Prof. R. A. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. Ibu Sri membawakan materi dengan topik topik “Etika Penelitian dengan Partisipan Manusia”. Ibu Sri mengatakan bahwa pada penelitian psikologi, banyak riset dilakukan dengan partisipan manusia, tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga riset yang dilakukan dengan partisipan penelitiannya berupa hewan, khususnya riset yang mengangkat tema behavior dan cellular. Oleh karena itulah dibutuhkan etika penelitian yang diharapkan mampu untuk menjamin keamanan peserta penelitian, baik manusia ataupun hewan. Etika penelitian ini akan dipertimbangkan oleh Komite Etika.

Setelah ibu Sri membahas tentang pentingnya etika penelitian, Bapak Galang menjelaskan materi tentang etika penelitian pada riset neuropsikologi. Bapak Galang menjelaskan bahwa sebelum riset dilaksanakan, partisipan akan diberikan informed concent mengenai penelitian yang akan dilakukan. Pada informed consent tersebut hendaknya memuat tiga hal yakni informative, comprehension, dan volunteriness. Informed consent (IC) harus informative, artinya IC yang diberikan akan memuat informasi-informasi yang dibutuhkan partisipan, kemudian partisipan akan menilai apakah partisipasi dalam riset tersebut aman atau tidak. Informative juga akan berhubungan dengan voluntariness, partisipan yang nantinya akan berpartisipasi dalam penelitian adalah partisipan yang memang telah bersedia untuk bergabung setelah melihat informasi yang diberikan secara keseluruhan.

Selanjutnya, materi yang dibawakan oleh Ibu Yayi mengupas tentang “Etika Penelitian untuk Bidang Ilmu Sosial”. Ibu Yayi memaparkan beberapa hal yang menjadi prinsip umum etik yakni respect to persons, beneficence non–maleficent, dan justice. Sebelum pengembilan data, peneliti perlu mengajukan persetujuan kepada subjek penelitian. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah awal untuk melindungi calon partisipan dari hal-hal yang melanggar otonominya. Selain itu, penelitian yang dilakukan juga harus memilki manfaat, meminimalkan risiko, dan memperlakukan partisipan dengan adil.

Serangkaian worskhop yang diadakan tersebut merupakan bagian dari kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dan juga sebagai implementasi dari program pembelajaran merdeka. Rangkaian workshop ini diharapkan dapat menyadarkan peneliti tentang komisi etik dan pentingnya etika penelitian yang ditinjau dari hak partisipan, baik dalam level individual maupun institusional.

Penulis: Riza Akhdisholikhah

Sumber Gambar: 1 2 3

Related Posts

Aniq Hudiyah Bil Haq

Angkatan 2025Mahasiswa Senin, 22 Desember 2025

  • aniqhudiyahbilhaq@mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2025
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Grit siswa SMA di Remote Area Kalimantan Timur

Abstrak
Promotor

Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si., Psikolog

Co-Promotor
Profil Singkat

Aniq Hudiyah Bil Haq, lahir dan besar di Kota Bekasi namun saat ini berdomisili di Kota Samarinda Kalimantan Timur. Saat ini saya mengabdi sebagai Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sejak tahun 2017. Peminatan bidang Psikologi Pendidikan dan diamanahi mengajar mata kuliah Psikologi Belajar, Psikologi sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dan Psikologi Pendidikan.

Muh. Nur Haq I. S. Mannesa

Angkatan 2025Mahasiswa Senin, 22 Desember 2025

  • muhnurhaqismannesa@mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2025
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Neurokognisi Kecemasan Matematika: Integrasi Pemrosesan Approximate Number System (ANS) dan Symbolic Number System (SNS) dalam Hubungannya dengan Fungsi Eksekutif pada Mahasiswa

Abstrak

Kecemasan matematika merupakan fenomena neuropsikologis yang kompleks yang melibatkan interaksi antara sistem afektif, pemrosesan numerik, dan kontrol kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kecemasan matematika terhadap efisiensi integrasi dua sistem representasi numerik utama, yaitu Approximate Number System (ANS) dan Symbolic Number System (SNS), serta peran mediasi fungsi eksekutif yang mencakup working memory, inhibitory control, dan cognitive flexibility.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kombinasi pengukuran perilaku dan neurokognitif berbasis electroencephalography (EEG), dengan melibatkan mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan matematika tinggi dan rendah. Partisipan akan menjalani serangkaian tugas numerik dan fungsi eksekutif, sementara aktivitas listrik otak direkam pada area kulit kepala parietal dan frontal. Aktivitas ini merefleksikan keterlibatan struktur otak yang lebih dalam, seperti Intraparietal Sulcus (IPS) dan Dorsolateral Prefrontal Cortex (DLPFC), yang berperan penting dalam pemrosesan numerik dan fungsi eksekutif.

Analisis data dilakukan untuk membandingkan performa perilaku serta pola event-related potentials (ERPs) dan osilasi otak antar kelompok, menguji hubungan antarvariabel, serta mengevaluasi peran mediasi fungsi eksekutif dalam integrasi ANS dan SNS. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memperkaya kerangka teoretis mengenai neurokognisi kecemasan matematika dan menjadi landasan bagi pengembangan intervensi pendidikan berbasis profil kognitif individual di pendidikan tinggi.

Promotor

Dr. rer. pol. Bhina Patria, S.Psi., M.A.

Co-Promotor

Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog

Profil Singkat

Ada yang memilih diam, ada yang memilih bicara; saya memilih menjadi musafir ilmu—menelusuri lorong pengetahuan dan mencatatnya sebagai bekal bersama. Berakar pada psikologi pendidikan dan neuropsikologi, saya menziarahi ruang pembelajaran dan kebudayaan, menggali makna dari setiap sendi kehidupan. Bagi saya, ilmu adalah titian antara teori dan kehidupan, lahir dari kegelisahan sekaligus harapan, dengan kompas yang selalu menunjuk pada humanisme. Saya bukan sekadar pengumpul data, melainkan penjaga narasi tentang manusia yang belajar, bertumbuh, dan berjuang melawan arus zaman.

Kunjungi saya di Instagram, LinkedIn, X/Twitter, Medium, Kompasiana, Google Scholar.

Kumala Windya Rochmani

Angkatan 2023Mahasiswa Senin, 22 Desember 2025

  • kumalawindyarochmani@mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2023
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Psychological Safety pada Pelajar-Atlet

Abstrak

Pelajar-atlet merupakan kelompok yang menghadapi tekanan ganda dari tuntutan akademik dan performa olahraga, yang berpotensi mengancam kesehatan mental mereka. Dalam konteks ini, psychological safety menjadi salah satu faktor penting yang dapat memberikan perlindungan psikologis dan mendukung perkembangan sosial-emosional pelajar-atlet. Meskipun konsep psychological safety telah banyak diteliti dalam konteks organisasi dan mulai diadaptasi dalam dunia olahraga, kajian empiris yang mengkhususkan pada pelajar-atlet masih sangat terbatas, baik dari segi populasi, instrumen, maupun kerangka konseptual yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model konseptual psychological safety dalam konteks pelajar-atlet, dengan fokus pada identifikasi dan validasi konstruk variabel-variabel anteseden yang relevan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan survei dan analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan konsep psychological safety pada konteks pelajar-atlet, serta memberikan dasar empiris bagi pengembangan intervensi yang lebih tepat sasaran dalam upaya mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan pelajar-atlet di Indonesia.

Promotor

Dr. Nida Ul Hasanat, M.Si., Psikolog

Co-Promotor

Prof. Dr. Yusuf Hidayat, M.Si

Profil Singkat

Kumala merupakan staf pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. Ia merupakan lulusan dari S1 Psikologi UGM dan S2 Magister Psikologi Profesi Bidang Klinis UGM. Ia praktek sebagai psikolog klinis dan psikolog olahraga. Minat utamanya adalah asesmen dan intervensi pendidikan, psikologi perkembangan, dan intervensi latihan mental dan kesehatan mental pada atlet.

Nurdiyanto

Angkatan 2023Mahasiswa Senin, 22 Desember 2025

  • nurdiyanto@mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2023
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Ketangguhan Keluarga Multigenerasi Jawa dalam Merawatasuh Lansia: Studi Etnografi di Yogyakarta

Abstrak

Disertasi ini merupakan studi tentang ketangguhan keluarga multigenerasi Jawa yang memberikan perawatasuhan untuk lansia. Seiring dengan meningkatnya populasi lansia di Indonesia, kebijakan dan infrastruktur yang responsif terhadap penuaan penduduk masih terbatas. Ketiadaan dukungan terhadap peran keluarga dalam perawatasuhan lansia dapat menempatkan keluarga mengalami kerentanan dan beban perawatasuh. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi dinamika ketangguhan keluarga multigenerasi Jawa yang menjalankan perawatasuhan lansia dengan memfokuskan pada tiga bagian: 1) bagaimana trajektori perawatasuhan lansia dalam keluarga multigenerasi, 2) seperti apa konstruksi ketangguhan keluarga multigenerasi dalam merawatasuh lansia, dan 3) dan bagaimana negosiasi sumber daya keluarga multigenerasi yang menggambarkan ketangguhan. Disertasi ini beranjak pada isu-isu perawatasuhan lansia baik secara struktural, kultural, dan familial yang dapat memengaruhi ketangguhan keluarga dalam memberikan perawatasuhan lansia. Dua pendekatan: psikologi keluarga serta gerontologi kritis dan humanistik akan menjadi roh dalam memandang keluarga di tengah-tengah kompleksitas perawatasuhan lansia. Penelitian disertasi ini akan mengadopsi etnografi dan dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Partisipan penelitian yang terlibat merupakan keluarga multigenerasi etnis Jawa yang tengah merawatasuh lansia. Analisis data dilakukan dengan analisis etnografi yang akan memfokuskan pada: 1) trajektori perawatasuhan, 2) makna dan konstruksi ketangguhan, dan 3) negosiasi dan strategi perawatasuhan.

Promotor

Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

Co-Promotor

Dr. Arum Febriani, S.Psi., M.A.

Profil Singkat

Nurdiyanto, yang akrab disapa Noer, merupakan peneliti di Center for Restoration & Regeneration Studies (CRRS). Latar belakang akademiknya dibangun di Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, tempat ia menempuh pendidikan Sarjana dan Magister. Penelitiannya berfokus pada isu kesehatan jiwa, kelanjutusiaan (aging), dan praktik perawatasuhan (care) dengan menggunakan kerangka keadilan agraria dan iklim (agrarian & climate justice). Ia aktif menggabungkan riset dan advokasi masyarakat untuk mendorong pemahaman yang lebih kontekstual mengenai kesehatan dan keberlanjutan sosial.

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada