• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Workshop Etika Penelitian

  • Rilis
  • 1 Maret 2021, 10.02
  • Oleh : doktor.psikologi

Program Doktor Ilmu Psikologi Fakultas PsikologiI UGM bekerja sama dengan unit-unit di Fakultas Psikologi UGM menyelenggarakan berbagai workshop dengan tema besar yakni Etika Penelitian. Narasumbernya pun memiliki pengalaman di bidangnya masing-masing. Ada tiga 3 topik yang dibawakan, yakni (1) Etika Penelitian dengan Partisipan Anak, (2) Research Ethics in Mental Health Fieldwork, dan (3) Etika Penelitian dengan Partisipan Manusia.

Workshop Etika Penelitian dengan Partisipan anak, diisi oleh Ibu T. Novi Poespita Candra, M.Si., Ph.D, dan Elga Andriana, M.Ed., Ph.D. Ibu Novi menjelaskan tentang “Tantangan Metodologis dan Etis Penelitian dengan Anak”. Beliau mengatakan bahwa dengan adanya etika maka dapat menghasilkan riset yang dapat bermanfaat dan tidak membahayakan bagi golongan tertentu, serta akan menghasilkan riset yang aman secara fisik dan psikologi. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian ketika menjadikan anak sebagai partisipan penelitian, yakni (1) tidak boleh ada satu pun anak yang mengalami diskriminasi, (2) peneliti, organisasi peneliti, maupun pemerintah bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik dan memastikan anak-anak terlindung, (3) anak-anak memiki hak untuk dilindungi dari riset yang berbahaya dan mengeksploitasi, dan (4) peneliti memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua anak memiliki akses untuk mendapatkan dukungan.

Berbeda dengan materi yang diberikan oleh Ibu Novi, Ibu Elga membawakan materi dengan topik “Penelitian Melibatkan Anak yang Etis dan Inklusif”. Ibu Elga menuturkan 4 hal yang menjadi prinsip pada etika penelitian yang melibatkan anak berkebutuhan khusus, yakni (1) respect, prinsip ini berkaitan dengan bagaimana menghargai anak-anak, mempercayai bahwa mereka mampu, dan merhargai pandangan mereka dengan serius, (2) trust, prinsip ini berkaitan dengan berapa waktu yang diperlukan untuk menimbulkan kepercayaan dengan anak-anak serta komunitasnya, (3) strength, prinsip ini berkaittan dengan apa yang menjadi fokus penelitian yakni kekuatan anak-anak, berusaha mencari hal-hal positif dari anak-anak yang terlibat penelitian, dan (4) inclusive diversity, prinsip ini berkaitan dengan kemampuan menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh orang lain.

Setelah membahas etika penelitian dengan partisipan anak, selanjutnya materi terkait tema etika penelitian dibahas dalam bidang Kesehatan Mental. Materi ini dibawakan oleh para ahlinya: Diana Setiyawati, M.H.Sc.Psy., Ph.D., dan Dr. Erminia Colucci. Ibu Diana mengatakan bahwa etik dalam penelitian harus diutamakan. Hal ini dilakukan untuk melindungi seluruh partisipan dalam proses penelitan dan menghindarinya dari risiko-risiko yang dapat merugikan. Partisipan memiliki hak yang sama dengan orang lain. Pada penelitian yang dilakukan, hasil penelitian psikologi tersebut harus memiliki atau memberikan benefit yang lebih besar daripada dampak yang negatif.

Berbeda dengan materi yang dibawakan oleh Ibu Diana, Ibu Colucci memberikan pemahaman tentang bagaimana etik penelitian terbentuk dan bagaimana penerapannya sekarang. Ibu Colucci berbicara tentang “Ethic in Visual Psychology”. Ibu Colucci memperkenalkan metode baru dalam penelitian psikologi yakni visual psychology. Pada metode ini, image atau visual seperti gambar, video, lukisan, atau objek itu sendiri dapat digunakan dalam melakukan penelitian. Menurut Ibu Colucci, peneliti perlu mempertimbangkan sudut pandang partisipan penelitian, sangat penting juga untuk melibatkan masyarakat sekitar yang lebih paham tentang kondisi lapangan dalam melakukan penelitian. Karena seringkali etika penelitian hanya dilihat dari perspektif peneliti yang tidak ada di lapangan.

Selanjutnya, materi kode etik dibawakan dengan tema etika penelitian dengan partisipan manusia. Tema ini memiliki 3 topik yang dibawakan oleh para ahlinya, yakni Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Galang Lufityanto, M.Psi., Ph.D, dan Prof. R. A. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. Ibu Sri membawakan materi dengan topik topik “Etika Penelitian dengan Partisipan Manusia”. Ibu Sri mengatakan bahwa pada penelitian psikologi, banyak riset dilakukan dengan partisipan manusia, tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga riset yang dilakukan dengan partisipan penelitiannya berupa hewan, khususnya riset yang mengangkat tema behavior dan cellular. Oleh karena itulah dibutuhkan etika penelitian yang diharapkan mampu untuk menjamin keamanan peserta penelitian, baik manusia ataupun hewan. Etika penelitian ini akan dipertimbangkan oleh Komite Etika.

Setelah ibu Sri membahas tentang pentingnya etika penelitian, Bapak Galang menjelaskan materi tentang etika penelitian pada riset neuropsikologi. Bapak Galang menjelaskan bahwa sebelum riset dilaksanakan, partisipan akan diberikan informed concent mengenai penelitian yang akan dilakukan. Pada informed consent tersebut hendaknya memuat tiga hal yakni informative, comprehension, dan volunteriness. Informed consent (IC) harus informative, artinya IC yang diberikan akan memuat informasi-informasi yang dibutuhkan partisipan, kemudian partisipan akan menilai apakah partisipasi dalam riset tersebut aman atau tidak. Informative juga akan berhubungan dengan voluntariness, partisipan yang nantinya akan berpartisipasi dalam penelitian adalah partisipan yang memang telah bersedia untuk bergabung setelah melihat informasi yang diberikan secara keseluruhan.

Selanjutnya, materi yang dibawakan oleh Ibu Yayi mengupas tentang “Etika Penelitian untuk Bidang Ilmu Sosial”. Ibu Yayi memaparkan beberapa hal yang menjadi prinsip umum etik yakni respect to persons, beneficence non–maleficent, dan justice. Sebelum pengembilan data, peneliti perlu mengajukan persetujuan kepada subjek penelitian. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah awal untuk melindungi calon partisipan dari hal-hal yang melanggar otonominya. Selain itu, penelitian yang dilakukan juga harus memilki manfaat, meminimalkan risiko, dan memperlakukan partisipan dengan adil.

Serangkaian worskhop yang diadakan tersebut merupakan bagian dari kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dan juga sebagai implementasi dari program pembelajaran merdeka. Rangkaian workshop ini diharapkan dapat menyadarkan peneliti tentang komisi etik dan pentingnya etika penelitian yang ditinjau dari hak partisipan, baik dalam level individual maupun institusional.

Penulis: Riza Akhdisholikhah

Sumber Gambar: 1 2 3

Related Posts

Ulfa Amalia

Angkatan 2022Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • ulfaamalia[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2022
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Determinan Psikososial Kekerasan Seksual Remaja dari Perspektif Perpetrators dan Bentuk Intervensinya

Abstrak

Topik riset disertasi yang ulfa lakukan untuk memahami faktor-faktor psikososial kekerasan seksual remaja dari sudut pandang pelaku dan juga memahami bentuk-bentuk intervensi yang digunakan dalam menangani remaja sebagai pelaku kekerasan seksual. Pendekatan yang digunakan dengan Intervention mapping, mulai dari need assesment hingga juga penggunaan co-design, sebagai bentuk keterlibatan secara partisipatif pihak-pihak yang terkait untuk menghasilkan modul intervensi.

Promotor

Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

Co-Promotor

Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D

Profil Singkat

Ulfa merupakan mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Psikologi Angkatan 2022 di bawah promotor Prof. Dr. Tina Afiatin, M. Si., Psikolog serta ko-promotor Pradytia Putri Pertiwi, S. Psi., Ph.D. Ulfa memiliki ketertarikan dalam bidang Psikologi perkembangan dan berbagai risetnya yang mengkaji tentang remaja.

Widia Sri Ardias

Angkatan 2022Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • widia.sri.ardias[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2022
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Strategi Perguruan Tinggi Mengembangan Critical Thinking di Era Post-Truth

Abstrak
Perkembangan teknologi yang pesat diikuti dengan perubahan interaksi manusia dilakukan melalui media sosial menimbulkan tantangan besar saat ini yaitu masifnya persebaran fakenews dan hoax. Kondisi tersebut menempatkan manusia di era yang dikenal dengan post-truth dimana keyakinan dan emosi dapat mengalahkan fakta dan data. Diperlukan kemampuan berpikir kritis yang pada berbagai studi mutakhir disoroti sebagai fungsi utama pendidikan tinggi dalam prosesnya mempersiapkan manusia dewasa yang akan segera mengambil peran dalam kehidupan masyarakat. Perguruan tinggi sebagai sebuah organisasi yang melaksanakan proses pendidikan ditingkat lanjut diharapkan mampu menyusun strategi dan memastikan bahwa organisasinya dapat menjadi tempat yang kondusif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu, penting dikaji lebih lanjut bagaimana perguruan tinggi kemudian melaksanakan peran sentral mereka dalam menjaga masyarakat dari dampak buruk kondisi di era post-truth yang terjadi saat ini dengan menciptakan iklim kecendekiawanan dengan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode majemuk sekuensial melalui 3 tahapan studi yaitu scoping review, analisis tematis, studi kasus beserta delphi. Ketiga tahapan studi tersebut diharapkan mampu menghasilkan pemetaan tentang metode pengembangan berpikir kritis yang telah dilakukan saat ini di setting perguruan tinggi di Indonesia dan strategi yang dimiliki oleh perguruan tinggi sebagai sebuah organisasi yang bertanggungjawab untuk membentuk iklim berpikir kritis yang kondusif bagi sivitas akademikanya.
Promotor

Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog

Co-Promotor

Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog

Profil Singkat

Widia Sri Ardias adalah dosen tetap PNS di Prodi Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang dengan keilmuan di Psikologi Industri dan Organisasi sejak tahun 2018. Lahir dan besar di kota Padang, Widia melanjutkan pendidikan Sarjana Psikologi di Universitas Indonesia pada tahun 2004-2008 dan Magister Psikologi Profesi peminatan PIO di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2013-2015. Selain berprofesi sebagai dosen, ia juga merupakan praktisi di bidang pengembangan Manajemen SDM, dan aktif terlibat diasosiasi profesi psikologi khususnya yang berada di wilayah Sumatra Barat. Sejak tahun 2023 ia dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua APIO perwakilan Sumbar hingga 2027 nanti.

Muhammad Kashai Ramdhani Pelupessy

Angkatan 2024Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • muhammadkashairamdhanipelupessy[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2024
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Dinamika Resiliensi Komunitas Menghadapi Dampak Bencana non-Alam akibat Industrialisasi

Abstrak

Penelitian ini akan menyoroti dinamika resiliensi komunitas dalam konteks menghadapi dampak bencana non-alam di wilayah industrialisasi ekstraktif. Saat ini, isu mengenai bencana non-alam sering dialami oleh masyarakat adat yang tinggal di area industri. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan masyarakat dari komunitas adat yang tinggal di wilayah industri. Nilai-nilai budaya (local wisdom) dan spiritualitas tentu berkontribusi dalam dinamika resiliensi komunitas.

Promotor

Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog

Co-Promotor

Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D

Profil Singkat

Lulusan S1 Psikologi Universitas Islam Indonesia tahun 2015 dan S2 Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2019. Saat ini bekerja sebagai dosen psikologi di Universitas Islam Negeri AM Sangadji, Maluku. Sangat berminat pada isu-isu mengenai psikologi bencana (man-made disaster) yang dikaitkan dengan pembangunan, diskursus ruang, dan kebudayaan.

Nur Afni Indahari Arifin

Angkatan 2021Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • nurafniindahari[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2021
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Pengembangan Indikator Kinerja PNS di Indonesia

Abstrak

Kinerja pegawai merupakan hal yang selalu menjadi perhatian karena menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan organisasi. Demikian pula kinerja pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Kinerja PNS selama ini selalu menjadi sorotan negatif. Berbagai berita di media massa menuliskan mengenai buruknya kinerja sebagian besar PNS. Berbagai intervensi telah dilakukan untuk memperbaiki kondisi, namun kinerja yang diharapkan belum dapat tercapai. Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan indikator kinerja PNS sesuai visi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menyusun faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kinerja PNS di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam tiga studi, yaitu studi 1 untuk menyusun indikator kinerja PNS, studi 2 untuk mengembangkan model teoritis faktor-faktor yang memengaruhi kinerja, dan studi 3 untuk menguji model faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja PNS. Dengan tersusunnya indikator kinerja dan diketahui faktor-faktor yang memengaruhi kinerja PNS di Indonesia maka diharapkan dapat memberikan masukan mengenai faktor apa yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki kinerja PNS di Indonesia.

Promotor

Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog

Co-Promotor

Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog

Profil Singkat

Alumni S1 Psikologi dari Universitas Negeri Makassar yang kemudian mengambil Program Magister Profesi Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai psikolog, khususnya dalam bidang industri dan organisasi. Menangani kasus-kasus individu dalam setting organisasi, asesor di pemerintahan dan swasta serta membantu merancang program untuk pengembangan sumber daya manusia. Memulai karir sebagai staf pengajar dan peneliti di Prodi Psikologi, Fak. Psikologi UNM, yang kemudian dipercaya untuk mengelola Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fak. Psikologi UNM sejak tahun 2015 hingga saat ini. Menjadi anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) sejak tahun 2008 dan pernah menjadi pengurus wilayah tahun 2013-2017. Saat ini juga aktif sebagai Pengurus Pusat HIMPSI dan Korps Relawan Bencana (KRESNA) HIMPSI.

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada