• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Pemahaman Membaca Siswa SD Indonesia Masih Lemah

  • Rilis
  • 15 Januari 2014, 15.32
  • Oleh : psikologi

Kompetensi membaca, menulis, dan berhitung anak pada setiap level pendidikan merupakan faktor penentu keberhasilan akademik anak. Sayangnya, kemampuan membaca, matematika, dan sains pelajar Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara lain. Menurut data The Programme for International Student Assessement (PSIA) 2009, fenomena tersebut salah satunya disebabkan lemahnya kemampuan penyelesaian soal berbentuk cerita yang membutuhkan proses pemecahan masalah kontekstual.

Data Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) yang meneliti siswa kelas IV SD menunjukkan bahwa prestasi membaca siswa Indonesia sangat rendah. Kemampuan membaca siswa Indonesia pada urutan ke-45 dari 49 negara yang diteliti. Skor Indonesia (405) berada di atas Katar (353), Maroko (323), dan Afrika Selatan (302).

“Terdapat permasalahan pada pemahaman membaca siswa SD di Indonesia. Para siswa yang mengalami persoalan pemahaman membaca juga akan bermasalah dalam mencapai prestasi matematika, termasuk dalam penyelesaian soal cerita matematika,” kata Aguswan Khotibul Umam, S.Ag., M.A., Rabu (15/1) saat melaksanakan ujian terbuka program doktor di Fakultas Psikologi UGM. Ia mempertahankan disertasi berjudul Penguasaan Kosakata dan Motivasi Membaca sebagai Mediator Pengaruh Pengajaran Membaca dan Lingkungan Literasi Keluarga terhadap Pemahaman Sosial Cerita Matematika pada Siswa Sekolah Dasar.

Staf pengajar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Jurai Siwo Metro, Lampung ini menuturkan rendahnya kompetensi guru membaca berimplikasi pada lemahnya kualitas pengajaran membaca. Selain itu, kualitas membaca juga dipengaruhi lingkungan literasi keluarga, kurangnya penguasaan kosakata siswa, dan rendahnya motivasi membaca siswa.

Hasil penelitian yang dilakukan Aguswan pada 350 pelajar SD memperlihatkan bahwa pemahaman soal cerita matematika bisa dijelaskan secara bersama-sama melalui pengajaran membaca, lingkungan literasi keluarga, penguasaan kosakata, dan motivasi membaca. Sementara pengusaaan kosakata memiliki pengaruh terkuat yakni 23,4 persen dalam membantu siswa memahami soal cerita matematika dengan benar. Sedangkan pengajaran membaca berperan sebesar 13,3 persen diikuti dengan lingkungan literasi keluarga sebanyak 0,47 persen.

Disebutkan Aguswan, penguasaan kosakata berperan sebagai mediator pengaruh pengajaran membaca dan lingkungan literasi keluarga terhadap pemahaman soal cerita matematika. Sementara itu, motivasi membaca tidak berperan sebagai mediator pengaruh pengajaran membaca dan lingkungan literasi keluarga terhadap pemahaman soal cerita.

“Faktor pengajaran membaca, lingkungan literasi keluarga, dan penguasaan kosakata dapat dipakai bahan acuan untuk optimalisasi peningkatan pemahaman soal cerita matematika pada siswa sekolah dasar,” terangnya. (Humas UGM/Ika)

sumber: ugm.ac.id

Related Posts

Mengangkat Disertasi tentang Pemberdayaan Perempuan: Haiyun Nisa Jadi Doktor Pertama dari Angkatan 2021

Rilis Senin, 2 Juni 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan Ujian Tertutup untuk salah satu mahasiswanya, Haiyun Nisa, S.Psi., M.Psi., Psikolog pada Selasa, 27 Mei 2025.

Seleksi Calon Mahasiswa Doktor Psikologi UGM Tahun Akademik 2025/2026: Antusiasme Tinggi dari Berbagai Penjuru Nusantara

Rilis Jumat, 23 Mei 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk bergabung dalam jenjang pendidikan tertinggi pada Tahun Akademik 2025/2026. Sama seperti tahun sebelumnya, pembukaan pendaftaran hanya dilakukan pada gelombang ketiga. Tahun ini, seleksi kembali menunjukkan antusiasme yang tinggi dengan 18 orang pendaftar, di mana terdapat 1 orang yang mengundurkan diri sehingga ada 17 orang dinyatakan lolos ke tahap Tes Substantif.

Menariknya, mayoritas pendaftar merupakan dosen dan akademisi dari berbagai universitas di Indonesia. Ragam asal institusi pendaftar mencerminkan sebaran geografis yang luas, mulai dari Yogyakarta, Purworejo, Aceh, Gorontalo, Palu, hingga Makassar. Hal ini menunjukkan daya tarik dan reputasi Program Doktor Psikologi UGM sebagai salah satu pusat unggulan pengembangan ilmu psikologi di Indonesia.

Pelaksanaan Tes Substantif: Lebih Komprehensif dan Mendalam

Tes Substantif pada tahun ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni Selasa, 20 Mei hingga Kamis, 22 Mei 2025. Dalam pelaksanaannya, format seleksi mengalami pengembangan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan penambahan komponen tes yang lebih menyeluruh. Adapun rangkaian tes meliputi:

  • Tes Menulis Ilmiah, untuk menguji kemampuan akademik dan struktur berpikir ilmiah calon mahasiswa.
  • Computer-Based Test (CBT), sebagai penilaian kognitif berbasis komputer.
  • Wawancara Psikologis, untuk menilai kesiapan mental dan motivasi personal.
  • Wawancara Akademik & Presentasi Proposal Disertasi, untuk menilai kedalaman pemahaman terhadap isu riset dan kesiapan akademik kandidat.

Sebagai bentuk komitmen terhadap proses seleksi yang objektif dan profesional, pelaksanaan CBT dan Wawancara Psikologis pada tahun ini turut dibantu oleh Unit Pengembangan Kualitas Manusia (UPKM) Fakultas Psikologi UGM. Keterlibatan UPKM menjadi bagian penting untuk menjaga netralitas serta memastikan bahwa proses seleksi berlangsung secara terstruktur dan terstandar sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi akademik dan profesional.

Calon Promotor Tahun Ini: Potret Reputasi dan Ketertarikan Akademik

Pada seleksi tahun ini, terdapat delapan dosen promotor yang menjadi pilihan para calon mahasiswa doktor. Ketujuh promotor tersebut adalah:

  1. Prof. Dr. Faturochman, M.A.
  2. Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog
  3. Dr. Nida Ul Hasanat, M.Si., Psikolog
  4. Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D.
  5. Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog
  6. Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog
  7. Dr. Wenty Marina Minza, M.A.
  8. Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si., Psikolog

Ketertarikan para peserta terhadap promotor tersebut mencerminkan keberagaman minat riset dan kekuatan keilmuan yang dimiliki oleh para dosen di lingkungan Fakultas Psikologi UGM.

Komitmen terhadap Kualitas dan Seleksi yang Objektif

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM terus berkomitmen untuk menjaga standar mutu seleksi yang tinggi, transparan, dan profesional. Proses seleksi dirancang untuk memastikan bahwa setiap calon mahasiswa memiliki potensi dan kesiapan untuk berkontribusi secara akademik maupun praktis dalam pengembangan ilmu psikologi.

Dengan semangat akademik yang tinggi dari para pendaftar, seleksi tahun ini diharapkan akan menghasilkan calon mahasiswa doktor yang tidak hanya unggul secara intelektual, tetapi juga berintegritas dan berdampak dalam lingkup keilmuan dan masyarakat luas.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Psikologi UGM dalam Dialog Global: Kiprah Dua Mahasiswa Doktoral di WADEM Congress Tokyo 2025

Rilis Selasa, 20 Mei 2025

Yogyakarta – Dua mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) turut berkontribusi dalam forum akademik internasional bergengsi 23rd WADEM Congress on Disaster and Emergency Medicine yang diselenggarakan oleh World Association for Disaster and Emergency Medicine (WADEM) pada tanggal 2–6 Mei 2025. Bertempat di Keio Plaza Hotel, Shinjuku City, Tokyo, Jepang, kongres tahun ini mengusung tema “Governance in the Face of VUCA: The Power of Knowledge, Courage, and Solidarity in Health Systems.”

Kehadiran mahasiswa doktor UGM dalam kongres ini tidak hanya menjadi bentuk partisipasi akademik global, tetapi juga menunjukkan kontribusi nyata dalam pengembangan riset lintas bidang, terutama yang berkaitan dengan isu kebencanaan dan layanan kesehatan darurat.

 

Yuli Arinta Dewi: Ketahanan Petugas Respon Bencana di Asia Tenggara

Mahasiswa doktoral UGM, Yuli Arinta Dewi, mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Intervention for Enhancing Disaster Responder Resilience in Southeast Asia: A Scoping Review.” Artikel ini merupakan hasil kolaborasi lintas institusi bersama Prof. Drs. Koentjoro, MBSc., Ph.D., Psikolog dan Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada, Mochammad Masrikhan dari University of Queensland, serta Mizan Bustanul Fuady dari Kobe University.

Penelitian ini mengulas berbagai bentuk intervensi yang bertujuan meningkatkan ketahanan psikologis para petugas respon bencana di kawasan Asia Tenggara. Melalui metode scoping review, Yuli dan timnya memetakan pendekatan intervensi yang efektif serta tantangan dalam implementasinya, termasuk aspek budaya dan sumber daya lokal yang memengaruhi keberhasilan program. Hasil studi ini diharapkan dapat memperkuat kesiapsiagaan dan kapasitas mental para tenaga respon darurat dalam menghadapi kondisi krisis yang tidak terduga.

 

Siti Makhmudah: Peran Hipnosis dalam Perawatan Medis

Mahasiswa doktor lainnya, Siti Makhmudah, turut mempresentasikan artikel berjudul “Exploring the Role of Hypnosis in Medical Care: A Bibliometric Analysis and Narrative Review.” Penelitian ini dilakukan bersama promotornya, Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog.

Dalam presentasinya, Siti menelusuri kontribusi hipnosis sebagai pendekatan pendukung dalam perawatan medis dari sudut pandang bibliometrik dan naratif. Artikel ini mengeksplorasi tren global dalam penerapan hipnosis, mulai dari pengurangan kecemasan hingga dukungan psikologis dalam situasi klinis. Dengan mengidentifikasi kekuatan dan tantangan dari praktik ini, Siti berharap riset ini dapat membuka jalan bagi pengintegrasian hipnosis dalam pendekatan medis yang lebih holistik dan humanistik.

 

Representasi UGM dalam Forum Internasional

Kehadiran Yuli dan Siti dalam WADEM Congress 2025 tidak hanya mencerminkan kualitas akademik mahasiswa doktor UGM, tetapi juga memperkuat peran institusi dalam dialog ilmiah internasional, khususnya dalam isu-isu kebencanaan, kesehatan darurat, dan psikologi terapan.

Dengan semangat kolaborasi dan keberanian untuk berkontribusi dalam tantangan global, partisipasi mereka diharapkan dapat membuka peluang baru untuk kerja sama riset dan penerapan ilmu psikologi dalam penanganan krisis kemanusiaan dan layanan kesehatan yang lebih responsif dan berbasis bukti.

Wisuda Periode April 2025: Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM Meluluskan Dr. Rika Hardani

Rilis Kamis, 24 April 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mencatatkan pencapaian akademik pada Wisuda Periode April 2025 dengan meluluskan salah satu mahasiswanya, yaitu Dr. Rika Hardani, M.Si. Mahasiswi angkatan 2020 ini berhasil meraih gelar doktor setelah menyelesaikan studi dan mempertahankan disertasinya yang berjudul “Keberhasilan Akademik Remaja: Peran Kegigihan, Pengaturan Emosi Diri dan Pengasuhan Berbasis Kekuatan dengan Kesejahteraan Subjektif sebagai Mediator.”

Disertasi yang Mengupas Dinamika Keberhasilan Akademik Remaja

Dalam disertasinya, Dr. Rika mengeksplorasi faktor-faktor psikologis yang berperan dalam keberhasilan akademik pada remaja. Penelitian ini menyoroti pentingnya kegigihan, kemampuan regulasi emosi, serta pola pengasuhan berbasis kekuatan sebagai prediktor keberhasilan akademik, dengan kesejahteraan subjektif sebagai variabel mediator yang memperkuat hubungan antarfaktor tersebut.

Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi bidang psikologi perkembangan, khususnya dalam memahami bagaimana dukungan dari lingkungan keluarga serta kekuatan internal remaja dapat mendorong pencapaian akademik yang optimal. Temuan dalam disertasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai landasan dalam merancang program intervensi yang mendorong pertumbuhan psikologis dan prestasi akademik remaja secara lebih menyeluruh.

Dukungan Promotor dan Ko-Promotor

Keberhasilan Dr. Rika dalam menyelesaikan studi doktoralnya tidak terlepas dari bimbingan intensif dan berkelanjutan dari tim Promotor. Disertasi ini dibimbing oleh Diana Setiyawati, S.Psi., MHSc., Ph.D., Psikolog sebagai Promotor dan Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si. sebagai Ko-Promotor. 

Komitmen Program Studi dalam Mendorong Kualitas Akademik

Kelulusan Dr. Rika Hardani menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dalam mendorong pengembangan riset yang berkualitas dan berdampak langsung pada pembangunan masyarakat. Sebagai satu-satunya lulusan doktor pada periode wisuda April 2025, pencapaian ini menunjukkan ketekunan dan dedikasi tinggi dari mahasiswa serta kualitas pembimbingan dari tim akademik.

Sekali lagi, selamat kepada Dr. Rika Hardani, M.Si. atas pencapaiannya yang membanggakan. Semoga ilmu dan kontribusinya terus memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, psikologi perkembangan, dan kesejahteraan remaja Indonesia.

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada