- rikaheru97[at]gmail.com
- Angkatan 2020
Keberhasilan Akademik Remaja: Peran Kegigihan, Pengaturan Emosi Diri dan Pengasuhan Berbasis Kekuatan dengan Kesejahteraan Subjektif sebagai Mediator
Keberhasilan akademik adalah salah satu tolok ukur penting keberhasilan pembangunan sumber daya manusia unggul, yang menjadi kunci utama kemajuan bangsa.Penelitian ini bertujuan mempelajari dan menguji model teoretis mengenai peran mediasi kesejahteraan subjektif dalam hubungan antara faktor protektif (kegigihan, pengaturan emosi diri, dan pengasuhan berbasis kekuatan) dengan keberhasilan akademik remaja Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode campuran kuantitatif-kualitatif (mix-method sequential explanatory). Studi kuantitatif dilakukan secara survei daring (n=1058) di Banten, sedangkan studi kualitatif dengan wawancara mendalam (n=5). Analisis data kuantitatif menggunakan model persamaan struktural, sementara data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan subjektif dipengaruhi secara signifikan oleh kegigihan (β=0,61, p<0,001), pengaturan emosi diri (β=0,23, p<0,001), dan pengasuhan berbasis kekuatan (β=0,23, p<0,001). Keberhasilan akademik dipengaruhi secara signifikan oleh kesejahteraan subjektif (β=0,37, p<0,001) dan pengasuhan berbasis kekuatan (β=0,13, p=0,01), tetapi tidak oleh kegigihan (β=0,20, p=0,06) maupun pengaturan emosi diri (β=0,05, p=0,36). Studi kualitatif mengungkapkan bahwa pengasuhan orang tua, dukungan sosial, spiritualitas pribadi, cita-cita akademik, minat, tujuan hidup, motivasi akademik, efikasi diri, regulasi emosi, strategi belajar, dan persistensi terarah tujuan merupakan faktor-faktor penting dalam keberhasilan akademik. Studi kualitatif juga menjelaskan peran pengasuhan berbasis kekuatan dan kesejahteraan subjektif sangat penting karena memberikan fondasi yang kokoh bagi remaja menghadapi tantangan akademik dan mengembangkan motivasi intrinsik belajar. Remaja yang memiliki kesejahteraan subjektif tinggi cenderung lebih mampu memanfaatkan kegigihan dan pengaturan emosi diri untuk mencapai keberhasilan akademik. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi orang tua, masyarakat, dan sekolah dalam meningkatkan pengasuhan dan pendidikan yang mendukung keberhasilan akademik remaja.
Kata kunci: Keberhasilan Akademik, Kegigihan, Kesejahteraan Subjektif, Pengasuhan Berbasis Kekuatan, Pengaturan Emosi Diri
- Direktur Parent Support Center
- Sinar Cendekia Islamic School
- Ketua Yayasan Sinar Muslim Sejati Indonesia (menaungi TK, SD, SMP fullday, SMP Quran Boarding School, SMA, STKIP Sinar Cendekia )
- Pembina Yayasan Sakinah Mulia Peduli Indonesia
- Owner Hikari Hypnotherapy House
- Owner Hikari Nihongo Kyousitsu (les bahasa Jepang Hikari)
- Konselor Bright Hope Indonesia
- Ketua Yayasan Hikari Cemerlang
- Direktur PT Bright Hikari
- Direktur PT Sinar Muslim