• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Rita Eka Izzaty: Anak-Anak juga Punya Strategi Sosial

  • Rilis
  • 30 Januari 2013, 13.52
  • Oleh : psikologi
Rita Eka Izzaty dinobatkan sebagai doktor Universitas Gadjah Mada ke-1885 dengan predikat sangat memuaskan (30/1/2013). Rita berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Strategi Pemecahan Masalah Sosial Sebagai Mediator Antar Perilaku Pengasuhan Ibu Dengan Penerimaan Teman Sebaya Pada Anak Prasekolah”. Tim penguji disertasi terdiri dari Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D sebagai ketua, Prof. Dr. Amitya Kumara, MS sebagai promotor, ko-promotor adalah Dr. MG. Adiyanti, Prof. Dr. Asmadi Alsa, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, Prof. Dr. Siti Partini Suardiman, Dr. Ratna Wulan. Acara promosi doktor Rita berlangsung di ruang auditorium Fakultas Psikologi UGM.

Dunia anak-anak penuh dengan suka ria. Anak-anak senang bermain bergembira. Namun, sebagai individu anak-anak pun menghadapi masalah sosial di antara teman sebayanya. Tantangan sosial yang dihadapi secara umum berupa adanya ketidaksesuaian antara ketertarikan anak dengan kondisi sebenarnya. Misalnya, ketika anak ingin bermain dan menemukan mainannya sedang dipinjam oleh teman, atau sewaktu anak ingin bergabung dengan kelompok teman baru yang sedang bermain.

Bagi anak-anak, bermain dengan mainan yang diinginkan dan bermain bersama teman sebaya yang diinginkan sangat penting. Ketika anak kesulitan untuk medapatkannya, ia menemukan permasalahan sosial dimana anak akan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Solusi tersebut dinamakan Strategi Pemecahan Masalah Sosial (SPMS).

Penelitian dosen Universitas Negeri Yogyakarta ini dilakukan pada 45 TK di Yogyakarta usia 4-6 tahun. Ditemukan adanya sepuluh macam SPMS digunakan saat anak menghadapi konflik. Terdapat tiga kategori kelompok SPMS yaitu perilaku yang cenderung agresif, cenderung pasif, dan perilaku prososial.

Peneliti berpendapat dalam hipotesis disertasi bahwa SPMS sebagai variabel mediator memiliki hubungan dengan penerimaan peer group. Sedangkan pola pola pengasuhan ibu memiliki peran dalam membentuk tipe SPMS anak.

Istri Rahmat Hidayat, Ph.D menemukan bahwa perilaku pengasuhan ibu memang berperan dalam penerimaan peer group. Akan tetapi, SPMS sendiri tidak menghubungkan pengasuhan ibu dengan penerimaan anak dalam teman sebaya. Walaupun pengasuhan ibu terbuktikan memiliki peran terhadap SPMS, SPMS tidak memiliki hubungan dengan tingkat penerimaan peer group anak. Dengan kata lain, SPMS tidak terbukti sebagai variabel moderator antara perilaku pengasuhan ibu dan penerimaan peer group.

Dalam argumen disertasinya, Rita mengatakan bahwa data menunjukkan penerimaan sosial yang rendah pada anak tidak hanya pada anak dengan SPMS agresif dan pasif, namun juga pada anak dengan strategi prososial. Begitu pula sebaliknya, anak dengan skor penerimaan sosial tinggi tidak hanya yang menggunakan strategi prososial, namun juga anak dengan strategi pasif dan agresif.

Rita menjelaskan bahwa penerimaan sosial tidak hanya dipengaruhi oleh strategi sosial yang digunakan anak, tetapi juga adanya dominasi sosial. Anak dengan dominasi sosial tinggi lebih dipersepsi sebagai anak yang populer dan diterima oleh teman sebaya dari pada anak dengan dominasi sosial rendah.

Dominasi sosial yang mengarah pada tindak koersif, pada sebagian anak dianggap tidak baik sehingga anak walaupun di satu sisi populer, juga tidak diterima dengan baik oleh teman sebaya.

Ibu dari dua anak ini pun berpesan agar orang tua senantiasa melatih anak untuk mengasah keterampilan sosial karena anak layaknya batu permata bagi orang tua, dan anak dengan bimbingan yang tepat adalah harta bagi bangsa.

Related Posts

Psikologi UGM dalam Dialog Global: Kiprah Dua Mahasiswa Doktoral di WADEM Congress Tokyo 2025

Rilis Selasa, 20 Mei 2025

Yogyakarta – Dua mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) turut berkontribusi dalam forum akademik internasional bergengsi 23rd WADEM Congress on Disaster and Emergency Medicine yang diselenggarakan oleh World Association for Disaster and Emergency Medicine (WADEM) pada tanggal 2–6 Mei 2025.

Wisuda Periode April 2025: Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM Meluluskan Dr. Rika Hardani

Rilis Kamis, 24 April 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mencatatkan pencapaian akademik pada Wisuda Periode April 2025 dengan meluluskan salah satu mahasiswanya, yaitu Dr. Rika Hardani, M.Si. Mahasiswi angkatan 2020 ini berhasil meraih gelar doktor setelah menyelesaikan studi dan mempertahankan disertasinya yang berjudul “Keberhasilan Akademik Remaja: Peran Kegigihan, Pengaturan Emosi Diri dan Pengasuhan Berbasis Kekuatan dengan Kesejahteraan Subjektif sebagai Mediator.”

Disertasi yang Mengupas Dinamika Keberhasilan Akademik Remaja

Dalam disertasinya, Dr. Rika mengeksplorasi faktor-faktor psikologis yang berperan dalam keberhasilan akademik pada remaja. Penelitian ini menyoroti pentingnya kegigihan, kemampuan regulasi emosi, serta pola pengasuhan berbasis kekuatan sebagai prediktor keberhasilan akademik, dengan kesejahteraan subjektif sebagai variabel mediator yang memperkuat hubungan antarfaktor tersebut.

Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi bidang psikologi perkembangan, khususnya dalam memahami bagaimana dukungan dari lingkungan keluarga serta kekuatan internal remaja dapat mendorong pencapaian akademik yang optimal. Temuan dalam disertasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai landasan dalam merancang program intervensi yang mendorong pertumbuhan psikologis dan prestasi akademik remaja secara lebih menyeluruh.

Dukungan Promotor dan Ko-Promotor

Keberhasilan Dr. Rika dalam menyelesaikan studi doktoralnya tidak terlepas dari bimbingan intensif dan berkelanjutan dari tim Promotor. Disertasi ini dibimbing oleh Diana Setiyawati, S.Psi., MHSc., Ph.D., Psikolog sebagai Promotor dan Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si. sebagai Ko-Promotor. 

Komitmen Program Studi dalam Mendorong Kualitas Akademik

Kelulusan Dr. Rika Hardani menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dalam mendorong pengembangan riset yang berkualitas dan berdampak langsung pada pembangunan masyarakat. Sebagai satu-satunya lulusan doktor pada periode wisuda April 2025, pencapaian ini menunjukkan ketekunan dan dedikasi tinggi dari mahasiswa serta kualitas pembimbingan dari tim akademik.

Sekali lagi, selamat kepada Dr. Rika Hardani, M.Si. atas pencapaiannya yang membanggakan. Semoga ilmu dan kontribusinya terus memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, psikologi perkembangan, dan kesejahteraan remaja Indonesia.

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Skill Improvement Class: Kupas Tuntas Strategi Publikasi Ilmiah bersama Dr. Rahkman Ardi

Rilis Kamis, 17 April 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Promovendus Club kembali menyelenggarakan kegiatan pengembangan kapasitas bertajuk Skill Improvement Class #3 pada Rabu, 16 April 2025. Bertempat di Gedung D-506 Fakultas Psikologi UGM dan juga diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting, sesi ini mengangkat tema “Mastering the Art of Publishing: From Crafting Article Drafts to Journal Analysis.”

Kelas ini menghadirkan narasumber berpengalaman, Dr. Rahkman Ardi, M.Psych., dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, yang membagikan pengetahuan dan pengalaman praktisnya dalam dunia publikasi ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM serta peserta eksternal yang antusias memperdalam keterampilan menulis artikel ilmiah.

Fokus pada Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah

Dalam sesi ini, Dr. Rahkman membahas secara komprehensif berbagai aspek penting dalam publikasi ilmiah, mulai dari:

  • Teknik menulis artikel ilmiah secara efektif
  • Strategi meningkatkan kualitas tulisan akademik
  • Tips memilih jurnal yang tepat dan kredibel
  • Pemahaman proses peer-review dan analisis jurnal
  • Cara meningkatkan visibilitas serta dampak artikel di komunitas ilmiah

Melalui pendekatan yang aplikatif dan interaktif, peserta diajak untuk memahami bahwa publikasi bukan sekadar proses administratif, tetapi merupakan seni yang perlu dikuasai dengan strategi dan kecermatan. Kelas ini memberikan panduan nyata bagi mahasiswa doktor yang tengah berjibaku menyiapkan naskah akademik, agar dapat menembus jurnal bereputasi nasional maupun internasional.

Sarana Peningkatan Kapasitas Akademik Mahasiswa Doktor

Skill Improvement Class menjadi wadah penting dalam membekali mahasiswa doktoral dengan keterampilan yang esensial untuk keberhasilan akademik. Menyadari tantangan dalam dunia publikasi, kegiatan ini hadir sebagai respon konkret terhadap kebutuhan mahasiswa untuk memahami dinamika penulisan dan strategi publikasi secara menyeluruh.

Komitmen terhadap Mutu dan Profesionalisme Akademik

Melalui penyelenggaraan Skill Improvement Class #3, Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dan Promovendus Club menegaskan komitmennya dalam membina mahasiswa doktor agar siap berkontribusi secara nyata di dunia akademik dan publikasi ilmiah. Diharapkan kegiatan ini menjadi bekal penting dalam membangun budaya akademik yang unggul, produktif, dan berdampak.

Kegiatan ini juga menjadi bentuk nyata dari sinergi antar institusi dan antar civitas akademika dalam meningkatkan daya saing lulusan doktoral di tingkat nasional maupun global.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Menjembatani Ilmu dan Praktik Clinical Hypnosis: Danang Setyo Budi Baskoro Resmi Menjadi Doktor Psikologi UGM

Rilis Jumat, 28 Maret 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mencetak lulusan doktor berkualitas. Pada Kamis, 27 Maret 2025, Danang Setyo Budi Baskoro, S.Psi., M.Psi., mahasiswa angkatan 2020, sukses menyelesaikan Ujian Tertutup dan meraih gelar doktor setelah menyelesaikan disertasinya yang berjudul “Clinical Hypnosis untuk Meningkatkan Subjective Well-Being (SWB) dan Quality of Life (QoL) pada Individu dengan Depresi”.

Disertasi yang Mengupas Hypnosis sebagai Pendekatan dalam Kesejahteraan Mental

Dalam disertasinya, Danang menyoroti efektivitas clinical hypnosis dalam meningkatkan subjective well-being dan quality of life pada individu dengan depresi. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi intervensi psikologis dalam meningkatkan kesejahteraan emosional serta memperbaiki kualitas hidup individu yang mengalami gangguan mental.

Danang menjelaskan bahwa penggunaan hypnosis dalam terapi psikologis masih belum banyak diterapkan secara luas di Indonesia. “Hypnosis bukan sekadar sugesti, tetapi memiliki dasar ilmiah yang kuat untuk membantu individu dengan depresi mengelola emosi, meningkatkan kesejahteraan subjektif, dan memperbaiki kualitas hidup mereka. Dengan penelitian ini, saya ingin membuktikan bahwa clinical hypnosis bisa menjadi pendekatan efektif dalam mendukung terapi psikologis konvensional,” ungkapnya.

Penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi akademis, tetapi juga memiliki implikasi praktis dalam dunia klinis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para psikolog dan praktisi kesehatan mental dalam merancang intervensi berbasis hypnosis yang lebih efektif dan terukur bagi individu dengan depresi.

Tim Penguji Ujian Tertutup

Proses Ujian Tertutup ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Psikologi UGM, Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D., sebagai ketua tim penguji. Tim penguji terdiri dari para akademisi dan praktisi psikologi klinis yang memberikan masukan serta evaluasi mendalam terhadap disertasi Danang. Prof. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med,Sc., Ph.D., Psikolog, selaku Promotor, serta Galang Lufityanto, M.Psi., Ph.D., Psikolog, sebagai Ko-promotor.

Selain itu, Dr. Muhana Sofiati Utami, M.S., Psikolog dari Fakultas Psikologi UGM, serta Prof. dr. Ova Emillia, M.Med.Ed., Ph.D., Sp.OG(K) dari Fakultas Kedokteran UGM turut memberikan perspektif dari sisi psikologi klinis dan kesehatan mental. Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si., dari RSUP Dr. Sardjito, juga berperan sebagai penguji dengan pengalaman luas dalam praktik klinis, sehingga memberikan masukan berharga dalam aspek aplikatif penelitian ini.

Para penguji memberikan apresiasi tinggi terhadap penelitian Danang, terutama dalam pendekatan interdisipliner yang menggabungkan psikologi klinis, terapi hypnosis, serta aspek kesehatan mental yang lebih luas. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan metode terapi baru yang dapat memperkaya strategi intervensi bagi individu dengan depresi.

Keberhasilan Danang dalam menyelesaikan Ujian Tertutup ini menjadi bukti komitmen Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dalam mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki keunggulan akademik, tetapi juga mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Selamat kepada Dr. Danang Setyo Budi Baskoro atas pencapaian luar biasa ini!

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada