• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Dosen UIN Maliki Malang Raih Doktor di UGM

  • Rilis
  • 28 Agustus 2014, 13.32
  • Oleh : psikologi

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang, Ali Ridho, M.Si., berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Psikologi UGM, Rabu (27/8). Pria kelahiran Pati, 36 tahun lalu ini dinyatakan lulus pada ujian promosi doktor usai mempertahankan disertasi berjudul “Differential Item Functioning Pada Tes Multidimensi”. Bertindak sebagai promotor Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A.Sementara ko-promotor oleh Prof. Djemari Mardapi., M.Pd., Ph.D.

Dalam kesempatan itu Ali memaparkan bahwa hasil penelitian tentang Differential Item Funtioning (DIF) yang dilakukan pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) tahun 2012. Penelitian difokuskan pada mata uji potensi akademik.

Dari eksplorasi dengan instrumen DIMTEST, DETECT, dan HCA/CCPROX diketahui respon peserta tes terhadap tes potensi akademik bersifat multidimensi. Adapun struktur dimensi yang terbentuk dalam tes potensi akademik ini bersifat sederhana yang hanya terdiri dari empat dimensi yaitu kosakata, verbal, kuantitatif, dan simbol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa DIF multidimensi terjadi pada sembilan aitem dalam masing-masing komponen analogi, analitik, aritmatika, dan geometri yang menguntungkan laki-laki. Sedangkan terdapat tujuh aitem pada komponen aritmatika dan komparasi yang menguntungkan perempuan. Lalu lima pada komponen analogis, logis, dan aritmatika yang emnguntungkan semua siswa lulusan SMA.

“Sementara itu adanya perbedaan multidimensionalitas antara kelompok fokal dan referensi tidak memicu munculnya DIF pada aitem. Kemudian pada aitem-aitem yang terdeteksi DIF multidimensi mempunyai karakteristik sensitivitas daya beda yang tidak sama pada kelompok fokal dan referensi,” urainya. (Humas UGM/Ika)

sumber: ugm.ac.id

Related Posts

Erasmus+ Learning Mobility Kickoff: Dr. Roy Huijsmans Bimbing Mahasiswa Doktor Psikologi UGM Perdalam Riset dan Publikasi

Rilis Kamis, 17 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan istimewa dari Dr. RBC Roy Huijsmans dari International Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam pada tanggal 7–11 Juli 2025. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian awal kegiatan Learning Mobility Erasmus+ Programme, sebagai bentuk persiapan akademik dan riset bagi tiga mahasiswa doktor UGM yang akan mengikuti program mobilitas tersebut pada tahun 2026.

Tiga mahasiswa penerima program, yaitu Nurdiyanto, Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka, dan Yuli Arinta Dewi, mengikuti rangkaian kegiatan secara penuh. Selain mereka, dua mahasiswa lainnya yang juga mendalami riset dengan pendekatan kualitatif dan kerangka youth studies, yakni Titisa Ballerina dan Siti Makhmudah, turut bergabung untuk memperluas wawasan dan keterampilan akademiknya.

Hari Pertama: Diskusi Draft dan Umpan Balik Kritis

Pada Senin, 7 Juli 2025, kegiatan dibuka dengan presentasi draft publikasi ilmiah dari para mahasiswa. Masing-masing memaparkan naskah yang tengah mereka kerjakan, dan mendapatkan masukan langsung dari Dr. RBC Roy Huijsmans, serta dosen Fakultas Psikologi UGM seperti Dr. Wenty Marina Minza, M.A. dan  Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog. Diskusi dilakukan secara kritis, membangun, dan kolektif, menjadikan sesi ini sebagai ruang tumbuh bersama antar peneliti muda.

Hari Kedua: Politik Publikasi dan Ruang Refleksi

Selasa, 8 Juli 2025, diisi oleh sesi workshop interaktif bertajuk “Building a Publication and the Politics of Publishing”. Dalam sesi ini, Dr. Roy membedah dinamika dunia publikasi akademik, tidak hanya dari sisi teknis, namun juga dari aspek relasional, etika, dan keberpihakan akademik. Mahasiswa juga diajak untuk merefleksikan pengalaman mereka, baik yang menyenangkan maupun penuh tantangan, dalam proses publikasi. Hari ini ditutup dengan waktu bebas menulis, di mana mahasiswa diberi kesempatan untuk merevisi naskah mereka berdasarkan umpan balik yang diterima.

Hari Ketiga dan Keempat: Pendalaman Personal dan Presentasi Kembali

Kamis, 10 Juli 2025, difokuskan pada sesi one-on-one meeting antara masing-masing mahasiswa dan Dr. Roy. Diskusi intensif ini membuka ruang privat untuk mengelaborasi ide, pendekatan metodologi, dan penguatan argumen riset masing-masing peserta.

Lalu, pada Jumat, 11 Juli 2025, mahasiswa kembali mempresentasikan progress update dari riset dan publikasi yang dikerjakan. Tidak hanya sekadar laporan, sesi ini dilengkapi dengan feedback dari peserta lain, menjadikan atmosfer akademik semakin kolaboratif, terbuka, dan reflektif. Terbukti dari testimoni yang diberikan oleh mahasiswa:

“Bimbingan Pak Roy sangat mendukung dan membuka wawasan. Masukannya membantu saya melihat kekuatan riset saya dan memberi strategi konkret untuk mengatasi kelemahan. Sesi kegiatan ini memperkuat arah penelitian saya”, ujar salah satu mahasiswa peserta kegiatan

Sinergi Akademik 

Di luar sesi akademik, kegiatan ini juga diwarnai dengan jamuan informal bersama Dekanat dan Kaprodi Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM, yang dihadiri oleh para mahasiswa peserta kegiatan. Momen ini menjadi ruang hangat untuk membangun kedekatan personal dan jejaring akademik yang berkelanjutan antara institusi UGM dan ISS Erasmus University.

Membangun Tradisi Akademik yang Kuat

Kegiatan ini menjadi langkah awal yang bermakna dalam membangun tradisi akademik global, sekaligus mendorong mahasiswa untuk siap tampil dan berkontribusi di panggung ilmiah internasional. Melalui program Erasmus+ Learning Mobility ini, Fakultas Psikologi UGM terus memperluas jejaring dan memperkuat kolaborasi riset lintas negara.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Ulfa Amalia

Angkatan 2022Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • ulfaamalia[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2022
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Determinan Psikososial Kekerasan Seksual Remaja dari Perspektif Perpetrators dan Bentuk Intervensinya

Abstrak

Topik riset disertasi yang ulfa lakukan untuk memahami faktor-faktor psikososial kekerasan seksual remaja dari sudut pandang pelaku dan juga memahami bentuk-bentuk intervensi yang digunakan dalam menangani remaja sebagai pelaku kekerasan seksual. Pendekatan yang digunakan dengan Intervention mapping, mulai dari need assesment hingga juga penggunaan co-design, sebagai bentuk keterlibatan secara partisipatif pihak-pihak yang terkait untuk menghasilkan modul intervensi.

Promotor

Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

Co-Promotor

Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D

Profil Singkat

Ulfa merupakan mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Psikologi Angkatan 2022 di bawah promotor Prof. Dr. Tina Afiatin, M. Si., Psikolog serta ko-promotor Pradytia Putri Pertiwi, S. Psi., Ph.D. Ulfa memiliki ketertarikan dalam bidang Psikologi perkembangan dan berbagai risetnya yang mengkaji tentang remaja.

Widia Sri Ardias

Angkatan 2022Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • widia.sri.ardias[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2022
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Strategi Perguruan Tinggi Mengembangan Critical Thinking di Era Post-Truth

Abstrak
Perkembangan teknologi yang pesat diikuti dengan perubahan interaksi manusia dilakukan melalui media sosial menimbulkan tantangan besar saat ini yaitu masifnya persebaran fakenews dan hoax. Kondisi tersebut menempatkan manusia di era yang dikenal dengan post-truth dimana keyakinan dan emosi dapat mengalahkan fakta dan data. Diperlukan kemampuan berpikir kritis yang pada berbagai studi mutakhir disoroti sebagai fungsi utama pendidikan tinggi dalam prosesnya mempersiapkan manusia dewasa yang akan segera mengambil peran dalam kehidupan masyarakat. Perguruan tinggi sebagai sebuah organisasi yang melaksanakan proses pendidikan ditingkat lanjut diharapkan mampu menyusun strategi dan memastikan bahwa organisasinya dapat menjadi tempat yang kondusif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu, penting dikaji lebih lanjut bagaimana perguruan tinggi kemudian melaksanakan peran sentral mereka dalam menjaga masyarakat dari dampak buruk kondisi di era post-truth yang terjadi saat ini dengan menciptakan iklim kecendekiawanan dengan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode majemuk sekuensial melalui 3 tahapan studi yaitu scoping review, analisis tematis, studi kasus beserta delphi. Ketiga tahapan studi tersebut diharapkan mampu menghasilkan pemetaan tentang metode pengembangan berpikir kritis yang telah dilakukan saat ini di setting perguruan tinggi di Indonesia dan strategi yang dimiliki oleh perguruan tinggi sebagai sebuah organisasi yang bertanggungjawab untuk membentuk iklim berpikir kritis yang kondusif bagi sivitas akademikanya.
Promotor

Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog

Co-Promotor

Dr. Sumaryono, M.Si., Psikolog

Profil Singkat

Widia Sri Ardias adalah dosen tetap PNS di Prodi Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang dengan keilmuan di Psikologi Industri dan Organisasi sejak tahun 2018. Lahir dan besar di kota Padang, Widia melanjutkan pendidikan Sarjana Psikologi di Universitas Indonesia pada tahun 2004-2008 dan Magister Psikologi Profesi peminatan PIO di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2013-2015. Selain berprofesi sebagai dosen, ia juga merupakan praktisi di bidang pengembangan Manajemen SDM, dan aktif terlibat diasosiasi profesi psikologi khususnya yang berada di wilayah Sumatra Barat. Sejak tahun 2023 ia dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua APIO perwakilan Sumbar hingga 2027 nanti.

Muhammad Kashai Ramdhani Pelupessy

Angkatan 2024Mahasiswa Senin, 14 Juli 2025

  • muhammadkashairamdhanipelupessy[at]mail.ugm.ac.id
  • Angkatan 2024
Disertasi
Abstrak
Promotor
Co-Promotor
Disertasi

Dinamika Resiliensi Komunitas Menghadapi Dampak Bencana non-Alam akibat Industrialisasi

Abstrak

Penelitian ini akan menyoroti dinamika resiliensi komunitas dalam konteks menghadapi dampak bencana non-alam di wilayah industrialisasi ekstraktif. Saat ini, isu mengenai bencana non-alam sering dialami oleh masyarakat adat yang tinggal di area industri. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan masyarakat dari komunitas adat yang tinggal di wilayah industri. Nilai-nilai budaya (local wisdom) dan spiritualitas tentu berkontribusi dalam dinamika resiliensi komunitas.

Promotor

Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog

Co-Promotor

Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D

Profil Singkat

Lulusan S1 Psikologi Universitas Islam Indonesia tahun 2015 dan S2 Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2019. Saat ini bekerja sebagai dosen psikologi di Universitas Islam Negeri AM Sangadji, Maluku. Sangat berminat pada isu-isu mengenai psikologi bencana (man-made disaster) yang dikaitkan dengan pembangunan, diskursus ruang, dan kebudayaan.

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada