- titisa.ballerina[at]mail.ugm.ac.id
- Angkatan 2022
Konsep dan Penerapan Sistem Among dalam Tripusat Pendidikan
Perwujudan kualitas manusia sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan yang diacu. Sistem pendidikan yang berjiwa kekeluargaan serta bersendikan kodrat alam dan kemerdekaan yang dirumuskan oleh Ki Hadjar Dewantara disebut sebagai Sistem Among. Di Indonesia, pendidikan di perguruan Tamansiswa dilaksanakan berdasarkan Sistem Among. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa Sistem Among merupakan warisan nasional dan tonggak pendidikan nasional, menekankan keselarasan pendidikan dan kebudayaan agar tercapai keutuhan pikiran, perasaan dan tingkah laku. Studi pendahuluan yang telah dilakukan menemukan bahwa Sistem Among belum banyak dikaji secara ilmiah untuk menggali konsep dan pengembangannya di masa kini agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Keutuhan proses pendidikan tidak lepas dari peran tripusat pendidikan yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, tetapi penelitian sebelumnya mengenai Sistem Among telah banyak membahas mengenai penerapannya dalam konteks pendidikan formal, yaitu sekolah, sedangkan konteks keluarga dan masyarakat belum banyak diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menggali konsep Sistem Among; 2) mengeksplorasi penerapan Sistem Among dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat; 3) mengembangkan konsep teoretis dan pedoman penerapan Sistem Among dalam tripusat pendidikan di masa kini berdasarkan kesepakatan para panel ahli. Penelitian ini direncanakan terdiri dari tiga studi: scoping review, kualitatif, dan delphi. Studi pertama yaitu scoping review, mengeksplorasi studi mengenai Sistem Among yang telah ada, untuk memperoleh gambaran apa yang dimaksud dengan Sistem Among dan bagaimana penerapannya di Indonesia. Studi kedua, yaitu studi kualitatif yang akan mengeksplorasi konsep dan penerapan Sistem Among dalam tripusat pendidikan. Studi ketiga yaitu teknik delphi, yang bertujuan untuk menyusun konsep teoretik dan pedoman penerapan Sistem Among dalam tripusat pendidikan berdasarkan konsensus dari para ahli.
Kata kunci: delphi, kualitatif, scoping review, sistem among, tamansiswa, tripusat pendidikan
Saya adalah mahasiswa S3 di Prodi Doktor Ilmu Psikologi UGM angkatan 2022, yang menekuni bidang Psikologi Pendidikan. Saya telah menyelesaikan pendidikan jenjang Sarjana dan Magister Profesi Psikologi di Fakultas Psikologi UGM. Saya berkarya sebagai tenaga pendidik di Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan Psikolog di Pusat Layanan Autis DIY. Topik penelitian dan pengabdian yang ditekuni meliputi intervensi sekolah baik individu, kelompok, maupun sistem, pendidikan inklusif, pendidikan berbasis budaya, pendidikan karakter, dan saat ini sedang mendalami saintifikasi ajaran Tamansiswa sebagai ilmu pengetahuan berbasis kearifan lokal. Selaras dengan disertasi yang sedang saya kerjakan yang berjudul “Konsep dan Penerapan Sistem Among dalam Tripusat Pendidikan”, dibimbing oleh Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si, Psikolog (Promotor), Edilburga Wulan Saptandari, M.Psi., Ph.D, Psikolog (Ko-promotor), dan Dr. Yuli Prihatni, M.Pd. (Ko-promotor).