• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
    • Prosedur Operasional Standar
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Ujian Tertutup Program Studi Doktor Psikologi UGM: Nevi Kurnia Arianti Bahas Dukungan Psikososial Berbasis Komunitas bagi Relawan Bencana

  • Rilis
  • 18 November 2025, 15.03
  • Oleh : admin

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi UGM kembali menyelenggarakan Ujian Tertutup bagi salah satu mahasiswanya dari Angkatan 2021, yakni Nevi Kurnia Arianti, S.Psi., M.Si. Ujian ini dilaksanakan pada Senin, 17 November 2025, berlangsung secara hybrid—luring di Ruang 505, Gedung D lantai 5 Fakultas Psikologi UGM, serta daring melalui Zoom Meeting.

Dalam kesempatan tersebut, Nevi mempresentasikan disertasinya yang berjudul: “Profil dan Strategi Dukungan Psikososial Berbasis Komunitas pada Relawan Daerah Rawan Bermacam Tipe Bencana di Yogyakarta.” 

Penelitian ini mengkaji bagaimana relawan yang bertugas di wilayah rawan multibencana dapat memperoleh dukungan psikososial yang tepat, berkelanjutan, serta kontekstual berbasis komunitas. Mengambil lokasi di Provinsi Yogyakarta yang dikenal sebagai wilayah dengan risiko bencana tinggi, disertasi ini menyoroti dinamika stres, ketahanan psikologis, hingga bentuk-bentuk dukungan komunitas yang efektif untuk para relawan.

Tim Penguji Lintas Keilmuan dan Lembaga

Ujian Tertutup ini dipimpin oleh Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Psikologi UGM. Tim Promotor terdiri dari Prof. Drs. Koentjoro, MBSc., Ph.D., Psikolog sebagai Promotor dan Prof. Dr. Muhammad Baiquni, M.A. sebagai Ko-promotor

Adapun tim penguji lainnya meliputi: Diana Setiyawati, MHSc., Ph.D., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM), Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), dan Dicky Chresthover Pelupessy, Ph.D. (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia)

Kehadiran para penguji dari berbagai disiplin, mulai dari psikologi, kebencanaan, hingga kebijakan publik, menjadikan proses ujian ini sangat kaya perspektif dan memperkuat kedalaman analisis penelitian yang dilakukan Nevi.

Diskusi Akademik yang Kuat dan Relevan

Dalam ujian yang berlangsung selama dua setengah jam, Nevi memaparkan bagaimana relawan multibencana membutuhkan dukungan psikososial yang tidak hanya bersifat individual, namun juga berbasis komunitas—mengutamakan koneksi sosial, sistem pendampingan, hingga pemberdayaan kelompok.

Para penguji memberikan berbagai catatan kritis dan konstruktif, terutama terkait:

  • model dukungan psikososial yang berkelanjutan,
  • integrasi dengan kebijakan penanggulangan bencana daerah,
  • serta bagaimana temuan penelitian dapat berkontribusi pada peningkatan kapasitas relawan di lapangan.

Atmosfer diskusi berjalan hangat, mendalam, dan penuh apresiasi atas penelitian Nevi yang dinilai relevan dan sangat kontributif terhadap penguatan sistem respon bencana di Indonesia.

Penelitian dengan Dampak Sosial Tinggi

Melalui disertasinya, Nevi menegaskan bahwa relawan merupakan aktor penting dalam penanggulangan bencana, namun sering kali dihadapkan pada tekanan psikologis dan risiko kelelahan emosional. Penelitian ini menawarkan pendekatan berbasis komunitas sebagai salah satu strategi utama untuk memastikan kesejahteraan psikologis dan keberlanjutan peran relawan.

Tags: doktor ilmu psikolgi fakultas psikologi ugm SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDGs

Related Posts

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM Laksanakan Visitasi Audit Mutu Internal 2025

Rilis Senin, 17 November 2025

Yogyakarta – Pada Jumat, 14 November 2025, Program Studi Doktor Ilmu Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, melaksanakan Visitasi Audit Mutu Internal (AMI) untuk tahun pemeriksaan 2025 dengan periode pemantauan tahun 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Prodi dalam menjaga, meningkatkan, dan memastikan mutu layanan akademik sesuai standar penjaminan mutu internal UGM.

Kolaborasi Auditor Eksternal dan Internal Fakultas

Visitasi AMI tahun ini menghadirkan dua auditor eksternal universitas, yaitu: Prof. Ir. Diah Tri Widayati, M.P., Ph.D., IPU. (Fakultas Peternakan UGM) dan Dr. Slamet Widiyanto, S.Si., M.Sc. (Fakultas Biologi UGM). Dari Fakultas Psikologi UGM, kegiatan ini juga dihadiri oleh Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D. – Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja Sama, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog – Ketua Program Studi Doktor Ilmu Psikologi, Haidar Buldan Thontowi, S.Psi., M.A., Ph.D. – Ketua Jaminan Mutu Fakultas, serta tenaga kependidikan dan asisten Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM. Keterlibatan berbagai pihak ini menegaskan bahwa kegiatan AMI merupakan proses evaluasi yang dilakukan secara terbuka, partisipatif, dan berorientasi pada perbaikan berkelanjutan.

Meninjau Komitmen Prodi dalam Peningkatan Mutu Akademik

Dalam visitasi ini, auditor meninjau komitmen Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dalam menindaklanjuti rekomendasi AMI tahun sebelumnya. Fokus utama pembahasan adalah progres perubahan struktur kurikulum program doktor yang telah berjalan intensif sepanjang tahun 2025.

Adapun tindak lanjut terkait perubahan struktur kurikulum  yang dipaparkan kepada auditor, meliputi:

  1. Pembentukan Tim Evaluasi Kurikulum melalui SK Dekan Fakultas Psikologi UGM.
  2. Dokumentasi progres perubahan kurikulum dalam rentang Januari–Juli 2025 melalui logbook rapat dan koordinasi.
  3. Penyusunan Progress Report Evaluasi Kurikulum Program Doktor 2020, selesai pada Agustus 2025.
  4. Pelaksanaan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan mahasiswa, alumni, Ko-Promotor, dan Promotor untuk memperkaya perspektif kebutuhan kurikulum masa depan.

Rangkaian agenda tersebut mendapatkan apresiasi dari auditor sebagai bentuk keseriusan Prodi dalam membangun kurikulum yang relevan, adaptif, dan selaras dengan dinamika perkembangan ilmu psikologi global.

Catatan Penting: Masa Studi Mahasiswa Doktor

Dalam sesi diskusi lanjutan, auditor menyoroti salah satu isu strategis, yaitu rata-rata masa studi mahasiswa program doktor yang masih berada di atas standar ideal UGM (4 tahun). Auditor memberikan serangkaian rekomendasi dan berbagai pengalaman terkait hal itu yang sudah diterapkan di Fakultas asal auditor. Masukan ini direspons positif oleh pihak Prodi sebagai langkah penting dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan program doktoral.

Komitmen Berkelanjutan Menuju Standar Mutu Unggul

Visitasi AMI tahun 2025 menjadi momen reflektif bagi Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM dalam menguatkan tata kelola akademik sekaligus membangun sistem pembelajaran yang lebih efektif, akuntabel, dan berorientasi pada pencapaian mutu unggul.

Prodi berkomitmen untuk terus menindaklanjuti saran auditor serta mendorong inovasi dalam tata kelola kurikulum, pembimbingan, dan layanan akademik demi mendukung lahirnya lulusan doktor yang berkualitas dan berdampak bagi masyarakat.

Mengukir Jejak Akademik: Tujuh Doktor Psikologi UGM Dilepas dalam Wisuda Periode I Pascasarjana 2025/2026

Rilis Jumat, 24 Oktober 2025

Yogyakarta — Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada secara resmi melepas tujuh mahasiswanya dalam acara Wisuda Pascasarjana Periode I Tahun Akademik 2025/2026 yang diselenggarakan pada Rabu, 22 Oktober 2025 di Hall Gedung D Fakultas Psikologi UGM. Pelepasan ini menandai keberhasilan para promovendus dalam menyelesaikan perjalanan ilmiah mereka menuju gelar doktor, sekaligus menjadi bukti komitmen program studi dalam mencetak akademisi dan praktisi psikologi yang unggul, humanis, dan berdampak luas bagi masyarakat.

Penyerahan transkrip akademik kepada para lulusan dilakukan secara langsung oleh Ketua Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog. Pada periode ini, sambutan mewakili wisudawan/wisudawati dibawakan oleh Dr. Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dalam pesannya, ia menekankan bahwa perjalanan akademik pada tingkat doktor bukan hanya soal pengetahuan, tetapi juga proses reflektif sebagai pribadi dan ilmuwan.

“Memahami manusia bukan hanya soal materi, namun juga kepekaan dan keberanian untuk merefleksikan diri,”ujar Dr. Lusi dalam pidatonya.

Daftar Wisudawan Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM

Berikut tujuh wisudawan yang lulus pada periode ini beserta judul disertasi dan tim promotor:

  1. Dr. Brigitta Erlita Tri Anggadewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Angkatan 2021)
    Konsep Independent Living Pada Orang Dengan Disabilitas Intelektual Dalam Konteks Indonesia
    Promotor: Dr. Nida Ul Hasanat, M.Si., Psikolog
    Ko-promotor: Restu Tri Handoyo, Ph.D., Psikolog
  2. Dr. Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Angkatan 2021)
    Perilaku Menyakiti Tanpa Niat Bunuh Diri (Non-Suicidal Self-Injury) pada Mahasiswa: Pengukuran dan Uji Model Teoritis
    Promotor: Prof. Dr. Sofia Retnowati, M.S., Psikolog
    Ko-promotor: Restu Tri Handoyo, Ph.D.
  3. Dr. Muryantinah Mulyo Handayani, Psych (Ed & Dev) (Angkatan 2018)
    Flourishing pada Dewasa Autistik
    Promotor: Prof. Dr. Sofia Retnowati, M.S., Psikolog
    Ko-promotor: Dr. MG Adiyanti, M.S., Psikolog & Dr. Rahkman Ardi, M.Psych.
  4. Dr. Naomi Vembriati, S.Psi., M.Psi. (Angkatan 2018)
    Dampak Kebijakan Ramah Keluarga pada Karyawan
    Promotor: Rahmat Hidayat, M.Sc., Ph.D.
    Ko-promotor: Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog & Dr. Ni Made Swasti Wulanyani, M.Erg., Psi.
  5. Dr. Rachmawati, S.Psi., M.A. (Angkatan 2019)
    Faktor Psikososial yang Memengaruhi University Belongingness Mahasiswa
    Promotor: Dr.rer.pol. Bhina Patria, M.A.
    Ko-promotor: Edilburga Wulan Saptandari, Ph.D.
  6. Dr. Tri Hayuning Tyas, S.Psi., M.A., Psikolog (Angkatan 2018)
    Metafora Pengalaman Psikologis Perawatasuh Utama Keluarga Penyandang Gangguan Jiwa Terpasung
    Promotor: Prof. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog
    Ko-promotor: Prof. Byron J. Good, Ph.D. & Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog
  7. Dr. Yohanes Kartika Herdiyanto, S.Psi., M.A. (Angkatan 2018)
    Model Perawatasuhan Penyintas Skizofrenia untuk Mencapai Pemulihan pada Konteks Budaya Jawa
    Promotor: Prof. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog
    Ko-promotor: Dr. Wenty Marina Minza, M.A. & Made Diah Lestari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

Komitmen Melahirkan Peneliti dan Praktisi Berjiwa Humanis

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki sensitivitas sosial dan integritas etik dalam praktik keilmuan. Keberhasilan tujuh lulusan ini menjadi bukti nyata bahwa fakultas mampu melahirkan doktor yang berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan nyata di tingkat lokal, nasional, hingga global.

Selamat kepada para doktor baru. Semoga ilmu, dedikasi, dan karya yang telah dihasilkan menjadi sumber kebermanfaatan bagi masyarakat luas dan menginspirasi generasi peneliti berikutnya.

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Lewat Photovoice, Mahasiswa Doktor UGM Ungkap Suara Remaja Korban Kekerasan Seksual di Forum ARUPS Filipina

Rilis Rabu, 8 Oktober 2025

Salah satu mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada, Lucia Peppy Novianti, menjadi delegasi Indonesia dalam 8th ASEAN Regional Union of Psychological Societies (ARUPS) Congress yang diselenggarakan di Cebu, Filipina, pada 24–27 September 2025.

Peppy menjadi satu-satunya perwakilan dari Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM yang mendapat dukungan pendanaan dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) untuk mengikuti forum ilmiah ini.

Kongres ARUPS 2025 diselenggarakan bersamaan dengan 61st Psychological Association of the Philippines (PAP) Annual Convention, yang mengangkat tema besar tentang peran psikologi dalam menjawab tantangan sosial di kawasan Asia Tenggara.

Eksplorasi Makna Luka dan Pemulihan Korban Kekerasan Seksual Remaja

Dalam kesempatan tersebut, Peppy mempresentasikan hasil risetnya yang berjudul “Understanding the pain of being dumped and blamed: Uncover the experience of adolescent sexual abusive victim through photovoice.”

Penelitian ini menggunakan metode photovoice untuk menggali pengalaman emosional korban kekerasan seksual pada remaja—sebuah pendekatan yang memberikan ruang bagi korban untuk mengekspresikan pengalaman dan pemulihannya melalui media visual.

Melalui paparannya, Peppy menekankan pentingnya pendekatan empatik dan partisipatif dalam memahami dinamika psikologis korban, sekaligus mendorong adanya ruang aman bagi remaja untuk bersuara dan memulihkan diri.

 

Kontribusi untuk Psikologi Regional

Keterlibatan Peppy dalam ARUPS 2025 tidak hanya menjadi ajang untuk mempresentasikan hasil riset, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi akademik Indonesia di tingkat kawasan ASEAN. Partisipasi mahasiswa doktor UGM di ajang ini menjadi bukti nyata bahwa penelitian psikologi tidak hanya berperan dalam ranah akademik, tetapi juga memiliki dampak luas dalam memahami dan menanggulangi isu sosial yang kompleks, terutama dalam konteks kesejahteraan psikologis remaja.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Evaluasi Mahasiswa Mengenai Mata Kuliah dan Dosen Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM TA 2024/2025

Rilis Jumat, 3 Oktober 2025

Sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen pada kualitas akademik dan pengembangan keilmuan, Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) secara rutin melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi ini melibatkan mahasiswa sebagai responden utama untuk memberikan umpan balik mengenai pengalaman belajar mereka dalam satu tahun akademik.

Kegiatan evaluasi ini menjadi bagian penting dari upaya Program Studi dalam menjaga mutu, meningkatkan kualitas interaksi akademik, serta memastikan bahwa setiap proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan standar akademik UGM. Melalui evaluasi, mahasiswa memiliki ruang untuk menyampaikan apresiasi, kritik, maupun saran yang akan menjadi dasar perbaikan di masa mendatang.

Fokus Evaluasi

Evaluasi mahasiswa tahun akademik 2024/2025 menyoroti beberapa aspek utama, yaitu:

  1. Kesesuaian Materi dan Tujuan Pembelajaran
    Mahasiswa menilai bahwa materi kuliah yang disampaikan telah selaras dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kesesuaian ini penting untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran dapat diraih dengan baik serta mendukung pengembangan kompetensi akademik mahasiswa di tingkat doktoral.
  2. Kualitas Pengajaran dan Interaksi Dosen
    Aspek ini mendapat apresiasi positif dari mahasiswa. Mereka merasa dihargai, didukung, serta diberikan ruang untuk berdiskusi secara terbuka dengan para dosen. Kualitas interaksi, termasuk dalam bentuk umpan balik terhadap tugas dan presentasi, dinilai sangat membantu menciptakan suasana belajar yang kondusif, kolaboratif, dan mendorong pemikiran kritis.
  3. Efektivitas Media, Contoh, dan Referensi
    Penggunaan media pembelajaran yang beragam, penyajian contoh yang relevan, serta penyediaan referensi ilmiah yang memadai dianggap sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Alat bantu ini tidak hanya memudahkan pemahaman, tetapi juga memperdalam wawasan mahasiswa dalam mengeksplorasi materi yang bersifat teoritis maupun aplikatif.
  4. Keilmuan
    Mahasiswa mengakui bahwa terdapat tantangan dalam memahami kompleksitas materi di tingkat doktor. Namun, tantangan tersebut dipandang sebagai bagian dari proses akademik yang memperkaya pengalaman belajar. Materi yang disampaikan sejalan dengan pengembangan keilmuan dan memberi kontribusi pada proses riset serta karya ilmiah mahasiswa.
  5. Kritik dan Saran
    Secara umum, komentar mahasiswa menunjukkan kepuasan dan apresiasi terhadap kualitas perkuliahan. Meski demikian, sejumlah masukan juga disampaikan, antara lain terkait kebutuhan metode pembelajaran yang lebih interaktif, praktis, dan kontekstual dengan perkembangan zaman. Selain itu, mahasiswa menekankan pentingnya pembaruan kurikulum secara berkelanjutan agar tetap relevan dengan dinamika ilmu psikologi global.

Makna dan Tindak Lanjut

Hasil evaluasi ini memberikan gambaran bahwa proses pembelajaran di Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM telah berjalan dengan baik, sekaligus menyoroti beberapa area yang dapat ditingkatkan. Program Studi memandang setiap kritik dan saran sebagai masukan konstruktif untuk memperkuat strategi pembelajaran, memperluas metode interaktif, dan memperkaya pengalaman akademik mahasiswa.

Sebagai bagian dari tindak lanjut, Program Studi berkomitmen untuk:

  • Meningkatkan kualitas pengajaran dengan memperkuat inovasi metode pembelajaran.
  • Memperluas penggunaan media dan referensi yang relevan serta mutakhir.
  • Mengembangkan kurikulum agar selalu adaptif dengan perkembangan ilmu psikologi dan kebutuhan masyarakat.
  • Menciptakan lingkungan akademik yang semakin mendukung mahasiswa dalam menghadapi tantangan intelektual di jenjang doktoral.

Evaluasi mahasiswa bukan hanya sekadar mekanisme penilaian, tetapi juga menjadi sarana refleksi bersama antara mahasiswa dan dosen untuk menciptakan suasana akademik yang lebih baik. Dengan semangat kolaborasi dan keterbukaan terhadap masukan, Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM terus berkomitmen untuk menjadi pusat pengembangan ilmu psikologi yang unggul, inovatif, dan berdampak bagi masyarakat.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada