• Tentang UGM
  • Akademik
  • Penelitian
  • Perpustakaan
  • Pusat IT
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada
  • PROFIL
    • SEKILAS PANDANG
    • PENGELOLA
    • PROMOTOR & KO-PROMOTOR
    • UNIT PENDUKUNG PENELITIAN
  • AKADEMIK
    • PANDUAN AKADEMIK
    • Academic Guide
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM 2014
      • KURIKULUM 2020
    • SIMASTER
    • SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI
    • LEAFLET
  • FASILITAS
    • PERPUSTAKAAN
    • PENJAMINAN MUTU
    • AKSES JURNAL DAN EBOOK
    • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • PRESTASI MAHASISWA
    • PROMOVENDUS CLUB
    • PROFIL MAHASISWA
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR
    • SYARAT
    • SELEKSI
    • JADWAL SELEKSI
    • DAFTAR
  • Home
  • Rilis

Ujian Tertutup Rachmawati: Menelisik University Belongingness dan Dinamika Psikososial Mahasiswa

  • Rilis
  • 23 Juli 2025, 15.12
  • Oleh : admin

Yogyakarta — Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada kembali meluluskan salah satu kandidat doktoralnya melalui penyelenggaraan Ujian Tertutup yang berlangsung pada Selasa, 22 Juli 2025. Kali ini, giliran Rachmawati, S.Psi., M.A. (NIM 19/450340/SPS/00352), mahasiswa angkatan 2019, yang berhasil mempresentasikan hasil disertasinya yang berjudul “Faktor Psikososial yang Memengaruhi University Belongingness Mahasiswa.”

Disertasi ini mengangkat isu krusial dalam dunia pendidikan tinggi, yaitu bagaimana mahasiswa membangun dan mempertahankan perasaan keterhubungan dan kebersatuan dengan lingkungan kampus, atau yang dikenal sebagai university belongingness. Penelitian Rachmawati menyoroti bahwa faktor psikososial seperti dukungan sosial, relasi interpersonal, persepsi terhadap institusi, serta kesejahteraan psikologis turut memengaruhi kekuatan dan keberlangsungan rasa “menjadi bagian” dari kampus.

Dalam pemaparannya, Rachmawati menyatakan bahwa “university belongingness itu bisa berlangsung lama atau bahkan permanen.” Ini menandakan bahwa ikatan afektif antara individu dan kampus bukanlah sekadar fenomena sementara selama kuliah, tetapi dapat berdampak jangka panjang terhadap identitas diri, kepuasan hidup, serta komitmen alumni terhadap institusi.

Ujian ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi UGM, Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D., dan turut dihadiri oleh Tim Promotor yang telah mendampingi proses studi Rachmawati, yaitu Dr. rer. pol. Bhina Patria, S.Psi., M.A., (Promotor) dan Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog (Ko-promotor).

Selain itu, jajaran Tim Penguji yang terdiri dari para akademisi berpengalaman juga hadir secara luring, yakni Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM)., Elga Andriana, S.Psi, M.Ed, Ph.D (Fakultas Psikologi UGM), dan Prof. Dr. Asmadi Alsa, S.U. (Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I.)

Diskusi ilmiah berjalan dengan hangat, mendalam, dan konstruktif. Tim penguji memberikan apresiasi terhadap kontribusi ilmiah yang ditawarkan disertasi ini, khususnya dalam mengembangkan pemahaman terhadap faktor-faktor yang mendorong munculnya rasa memiliki mahasiswa terhadap universitas. Konsep belongingness ini semakin relevan di tengah tantangan pendidikan tinggi yang menuntut inklusivitas, resiliensi sosial, serta kesejahteraan mental mahasiswa.

Penelitian Rachmawati juga memberikan rekomendasi agar institusi pendidikan tinggi dapat lebih peka dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa, serta membangun ekosistem kampus yang suportif secara emosional maupun sosial. Di tengah arus mobilitas mahasiswa dan beragam latar belakang individu, sense of belonging menjadi fondasi penting dalam membentuk pengalaman belajar yang bermakna.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Tags: SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDGs ujian tertutup

Related Posts

Erasmus+ Learning Mobility Kickoff: Dr. Roy Huijsmans Bimbing Mahasiswa Doktor Psikologi UGM Perdalam Riset dan Publikasi

Rilis Kamis, 17 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan istimewa dari Dr. RBC Roy Huijsmans dari International Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam pada tanggal 7–11 Juli 2025. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian awal kegiatan Learning Mobility Erasmus+ Programme, sebagai bentuk persiapan akademik dan riset bagi tiga mahasiswa doktor UGM yang akan mengikuti program mobilitas tersebut pada tahun 2026.

Tiga mahasiswa penerima program, yaitu Nurdiyanto, Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka, dan Yuli Arinta Dewi, mengikuti rangkaian kegiatan secara penuh. Selain mereka, dua mahasiswa lainnya yang juga mendalami riset dengan pendekatan kualitatif dan kerangka youth studies, yakni Titisa Ballerina dan Siti Makhmudah, turut bergabung untuk memperluas wawasan dan keterampilan akademiknya.

Hari Pertama: Diskusi Draft dan Umpan Balik Kritis

Pada Senin, 7 Juli 2025, kegiatan dibuka dengan presentasi draft publikasi ilmiah dari para mahasiswa. Masing-masing memaparkan naskah yang tengah mereka kerjakan, dan mendapatkan masukan langsung dari Dr. RBC Roy Huijsmans, serta dosen Fakultas Psikologi UGM seperti Dr. Wenty Marina Minza, M.A. dan  Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog. Diskusi dilakukan secara kritis, membangun, dan kolektif, menjadikan sesi ini sebagai ruang tumbuh bersama antar peneliti muda.

Hari Kedua: Politik Publikasi dan Ruang Refleksi

Selasa, 8 Juli 2025, diisi oleh sesi workshop interaktif bertajuk “Building a Publication and the Politics of Publishing”. Dalam sesi ini, Dr. Roy membedah dinamika dunia publikasi akademik, tidak hanya dari sisi teknis, namun juga dari aspek relasional, etika, dan keberpihakan akademik. Mahasiswa juga diajak untuk merefleksikan pengalaman mereka, baik yang menyenangkan maupun penuh tantangan, dalam proses publikasi. Hari ini ditutup dengan waktu bebas menulis, di mana mahasiswa diberi kesempatan untuk merevisi naskah mereka berdasarkan umpan balik yang diterima.

Hari Ketiga dan Keempat: Pendalaman Personal dan Presentasi Kembali

Kamis, 10 Juli 2025, difokuskan pada sesi one-on-one meeting antara masing-masing mahasiswa dan Dr. Roy. Diskusi intensif ini membuka ruang privat untuk mengelaborasi ide, pendekatan metodologi, dan penguatan argumen riset masing-masing peserta.

Lalu, pada Jumat, 11 Juli 2025, mahasiswa kembali mempresentasikan progress update dari riset dan publikasi yang dikerjakan. Tidak hanya sekadar laporan, sesi ini dilengkapi dengan feedback dari peserta lain, menjadikan atmosfer akademik semakin kolaboratif, terbuka, dan reflektif. Terbukti dari testimoni yang diberikan oleh mahasiswa:

“Bimbingan Pak Roy sangat mendukung dan membuka wawasan. Masukannya membantu saya melihat kekuatan riset saya dan memberi strategi konkret untuk mengatasi kelemahan. Sesi kegiatan ini memperkuat arah penelitian saya”, ujar salah satu mahasiswa peserta kegiatan

Sinergi Akademik 

Di luar sesi akademik, kegiatan ini juga diwarnai dengan jamuan informal bersama Dekanat dan Kaprodi Program Studi Doktor Ilmu Psikologi UGM, yang dihadiri oleh para mahasiswa peserta kegiatan. Momen ini menjadi ruang hangat untuk membangun kedekatan personal dan jejaring akademik yang berkelanjutan antara institusi UGM dan ISS Erasmus University.

Membangun Tradisi Akademik yang Kuat

Kegiatan ini menjadi langkah awal yang bermakna dalam membangun tradisi akademik global, sekaligus mendorong mahasiswa untuk siap tampil dan berkontribusi di panggung ilmiah internasional. Melalui program Erasmus+ Learning Mobility ini, Fakultas Psikologi UGM terus memperluas jejaring dan memperkuat kolaborasi riset lintas negara.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Kelas Publikasi Bersama Prof. Dr. Anke Karl: Strategi Menulis Ilmiah bagi Mahasiswa dan Akademisi

Rilis Jumat, 11 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan kapasitas akademik dengan menyelenggarakan Kelas Publikasi pada Rabu, 9 Juli 2025. Kegiatan ini menghadirkan narasumber istimewa, Prof. Dr. Anke Karl, seorang profesor dalam bidang Clinical Psychology dan Direktur Biobehavioural Lab, University of Exeter, Inggris.

Kelas ini dilaksanakan secara luring di Ruang B-104 Fakultas Psikologi UGM, dan berlangsung dari pukul 10.00 hingga 15.30 WIB. Tidak kurang dari 16 peserta mengikuti kelas ini, yang terdiri dari mahasiswa program doktor, dosen lintas universitas, mahasiswa S1 dan S2, serta akademisi umum dari berbagai institusi.

Membongkar Strategi Publikasi Ilmiah yang Efektif

Dalam sesi yang berlangsung interaktif dan aplikatif, Prof. Anke membagikan berbagai strategi penting dalam penulisan manuskrip ilmiah, mulai dari membangun alur argumentasi yang logis dan meyakinkan, menyusun struktur artikel yang sistematis, hingga merumuskan urgensi dan kontribusi riset secara eksplisit.

Para peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana membangun narasi akademik yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik bagi reviewer dan pembaca jurnal ilmiah bereputasi. Selain itu, Prof. Anke juga mengajak peserta untuk merefleksikan nilai dari riset itu sendiri, dan bagaimana merancang tulisan yang menjawab pertanyaan penting di bidang psikologi dan kesehatan mental.

Keterbukaan dan Inklusivitas Akademik

Kelas publikasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa doktoral, tetapi juga membuka ruang bagi peserta dari latar belakang akademik yang beragam. Inklusivitas ini menjadi cerminan visi Program Doktor Ilmu Psikologi UGM dalam membangun ekosistem akademik kolaboratif, tempat semua insan akademik—dari mahasiswa hingga dosen—dapat saling belajar dan tumbuh.

Penyelenggaraan kelas publikasi ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, serta mendorong mahasiswa dan akademisi agar lebih percaya diri dan siap untuk berkarya di ranah global.

Dengan semangat berbagi dan memperluas jejaring akademik internasional, Kelas Publikasi bersama Prof. Anke diharapkan menjadi pemantik semangat baru dalam menulis dan mempublikasikan hasil penelitian yang berdampak.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Seleksi Perdana Mahasiswa Baru Jalur Fast-Track S2-S3 Program Doktor Psikologi UGM

Rilis Kamis, 10 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) mencatat tonggak sejarah baru dengan menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru Jalur Fast-Track S2-S3 untuk pertama kalinya pada tahun akademik 2025/2026. Inisiatif ini merupakan bentuk pengembangan berkelanjutan pasca keberhasilan Program Doktor Ilmu Psikologi UGM meraih akreditasi Unggul, serta sebagai upaya menciptakan jalur percepatan akademik bagi calon doktor yang berasal dari jenjang magister di lingkungan UGM.

Jalur Fast-Track ini secara khusus diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Magister Psikologi UGM yang sedang menempuh semester 2 (bagi angkatan gasal) atau semester 3 (bagi angkatan genap). Skema ini dirancang untuk mempercepat durasi studi menjadi 4 hingga 4,5 tahun untuk penyelesaian program magister dan doktor sekaligus.

Lima Kandidat, Satu Tujuan Akademik

Pada seleksi perdana ini, terdapat lima orang pendaftar, terdiri dari tiga mahasiswa perempuan dan dua mahasiswa laki-laki. Menariknya, kelima pendaftar ini berasal dari beragam bidang minat dalam ilmu psikologi, mencerminkan semangat multidisipliner yang menjadi ciri khas Program Psikologi UGM.

Rangkaian Tes Substantif yang Komprehensif

Seleksi Fast-Track ini dilaksanakan melalui rangkaian Tes Substantif selama tiga hari, yaitu:

  • Senin, 7 Juli 2025: Tes Menulis Ilmiah, Computer-Based Test (CBT), dan Tes Wawancara Psikologis
  • Rabu & Kamis, 9–10 Juli 2025: Tes Wawancara Akademik, termasuk presentasi proposal disertasi

Tes Substantif dirancang tidak hanya untuk menguji kapasitas kognitif dan kesiapan psikologis calon mahasiswa, tetapi juga untuk mengevaluasi kesiapan konseptual dan akademik dalam mengembangkan disertasi sejak awal. Salah satu keunikan dalam proses ini adalah keterlibatan langsung Kepala Program Studi S3 dan S2, serta dosen pembimbing tesis sebagai pewawancara dalam Wawancara Akademik. Pendekatan ini menjamin bahwa proses seleksi dilakukan secara menyeluruh, personal, dan relevan terhadap lintasan akademik masing-masing pendaftar.

Komitmen terhadap Inovasi dan Kualitas Akademik

Program Jalur Fast-Track ini merupakan bukti nyata komitmen Fakultas Psikologi UGM dalam mendorong inovasi pendidikan tinggi, memperluas akses percepatan studi bagi mahasiswa berprestasi, dan membina calon ilmuwan psikologi sejak dini dalam lingkungan akademik yang ketat namun suportif.

Dengan antusiasme dan kesiapan para kandidat, pelaksanaan seleksi perdana ini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk penerimaan mahasiswa Fast-Track di tahun-tahun berikutnya.

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Ujian Tertutup Muryantinah Mulyo Handayani: Mengangkat Konsep Flourishing pada Dewasa Autistik

Rilis Rabu, 9 Juli 2025

Yogyakarta – Program Studi Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan Ujian Tertutup bagi salah satu mahasiswanya dari Angkatan 2018, yaitu Muryantinah Mulyo Handayani, Psych (Ed & Dev), pada Selasa, 8 Juli 2025. Dalam ujian ini, Muryantinah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Flourishing pada Dewasa Autistik.”

Disertasi ini mengangkat isu yang semakin relevan dalam lanskap psikologi perkembangan—bagaimana individu dewasa dengan autisme dapat mencapai kondisi flourishing atau berkembang secara optimal dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan menjauh dari narasi defisit dan ketidakmampuan, penelitian ini menyoroti pentingnya memandang individu autistik sebagai pribadi yang juga memiliki potensi, aspirasi, dan kapasitas untuk hidup sejahtera secara psikologis dan sosial.

Dukungan Akademik dan Kepakaran Interdisipliner

Ujian Tertutup ini dipimpin oleh Dr. Nida Ul Hasanat, M.Si., Psikolog, selaku Sekretaris Senat Fakultas Psikologi UGM. Dalam proses penyusunan disertasi, Muryantinah dibimbing oleh Prof. Dr. Sofia Retnowati, M.S., Psikolog sebagai Promotor. Tim Ko-Promotor terdiri dari: Dr. MG Adiyanti, M.S., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM) dan Dr. Rahkman Ardi, M.Psych. (Fakultas Psikologi Universitas Airlangga)

Tim Penguji dalam ujian ini melibatkan pakar lintas bidang dan institusi: Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM), Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog (Fakultas Psikologi UGM), Prof. dr. Mei Neni Sitaresmi, Ph.D., Sp.A(K) (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM), Dr. Nurlaila Effendy, M.Si., Psikolog (Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)

Kehadiran tim penguji yang beragam ini mencerminkan pendekatan interdisipliner dalam memahami autisme dan well-being, serta memperkuat landasan ilmiah dari penelitian yang dilakukan.

Perspektif Baru tentang Kesejahteraan Psikologis

Melalui disertasi ini, Muryantinah menantang pandangan tradisional yang terlalu fokus pada keterbatasan individu autistik. Ia menunjukkan bahwa dengan dukungan lingkungan yang inklusif dan pendekatan psikologis yang tepat, individu dewasa dengan autisme juga dapat mengalami flourishing, yaitu kondisi ketika seseorang merasa hidupnya bermakna, terhubung, dan berkembang secara pribadi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi penting dalam pengembangan intervensi berbasis kekuatan (strength-based intervention) dan kebijakan inklusif yang mendorong pemberdayaan individu autistik dewasa.

Selamat kepada Muryantinah Mulyo Handayani, Psych (Ed & Dev) atas pencapaiannya dalam Ujian Tertutup ini. Semoga hasil penelitiannya menjadi pijakan bagi perubahan paradigma dalam melihat potensi individu autistik, serta memperkuat praktik psikologi yang lebih manusiawi, positif, dan berorientasi pada kebermaknaan hidup.

 

Penulis: Yutia Cesarinda Kusumawati

Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur
Yogyakarta 55281 Indonesia
doktor.psikologi[at]ugm.ac.id
Doktor Ilmu Psikologi UGM
doktorpsikologiugm
+62 822 2720 5719
+62 (274) 550435
+62 (274) 550435

Profil

  • Sekilas Pandang
  • Pengelola
  • Promotor & Ko-Promotor
  • Unit Pendukung Penelitian

Akademik

  • Panduan Akademik
  • Kurikulum 2014
  • Kurikulum 2020
  • Simaster
  • Sistem Informasi Terintegrasi

Fasilitas

  • PERPUSTAKAAN
  • PENJAMINAN MUTU
  • AKSES JURNAL DAN EBOOK
  • LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemahasiswaan & Alumni

  • Prestasi Mahasiswa
  • Promovendus Club
  • Profil Mahasiswa

© 2021 Universitas Gadjah Mada